Pengamat Kepolisian: Komjen Agus Andrianto Lebih Cocok Masuk Kabinet Prabowo

saranginews.com, Jakarta – Pengamat Kepolisian Bambang Rokmento dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) menilai Wakapolri Kamjin Agus Andrianto lebih cocok masuk Kabinet berikutnya ketimbang menjadi Kapolri.

Peluang menjadi menteri sangat besar karena peran Komjin Agus Andriano yang menjadi dalang suksesnya Pemilu dan Pilpres 2024, ujarnya di Jakarta, Rabu.

Baca Juga: DPR Terima Usulan Pemimpin Bin Jokowi Diangkat Setelah Prabowo

Menurutnya, Agus layak melanjutkan tugasnya sebagai menteri selagi ia pensiun dari kepolisian pada 16 Februari 2025.

Dibandingkan Kapolri Jenderal Listio Sigit Prabo yang tinggal menyisakan waktu tiga tahun sebelum pensiun pada 5 Mei 2027, peluang Agus memimpin kepolisian sangat kecil.

Baca Juga: Relawan Prabowo Kalteng Tunjukkan Dukungan pada Agistyar-Adi

Katanya, “Artinya dia hanya menjabat empat bulan saja. Kalau yang terpilih jadi Kapolri ketimbang Jenderal Listio, tentu peluang visi dan misinya terlaksana sangat kecil.”

Ia yakin Agus yang berlatar belakang polisi bisa masuk di beberapa kementerian, antara lain Kementerian Perhubungan (Kimin Hub) dan Kementerian Perdagangan (Kimindag).

Baca Juga: Kumjin Agus, Calon Menteri Prabowo, Ini Kekayaannya

Dikatakannya, “Kami tidak menutup kemungkinan untuk menggantikan Jenderal Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) karena peluang Tito Karnavian untuk mengurus politik, hukum, dan keamanan sangat besar, kementerian koordinasi mengarahkan.”

Komjin Agus merupakan salah satu dari sejumlah pejabat yang diundang Presiden terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di Jalan Kertanigra, Jakarta pada Senin (14/9).

Dalam pertemuan tersebut, Wakompol Balura mengaku diundang untuk membahas perkembangan India ke depan. Prabhu juga menanyakan kesiapan Agus untuk mendukungnya selama lima tahun ke depan.

“Dia bilang dulu kalau saya direkrut untuk membantunya, saya siap,” kata Agus.

Perwira Polri ini mengaku jika ingin mengabdi pada bangsa dan negara, ia siap.

“Tentunya saya sebagai prajurit Bhiyangkara siap mengabdi pada bangsa Indonesia,” ujarnya.

Namun Agus belum mengatakan secara pasti apa yang akan ditugaskan padanya. Namun kabarnya jabatan Menteri Imigrasi nantinya akan ditawarkan kepada Agus. (antara/jpnn)

Baca artikel lainnya… Usai perjanjian damai adat, keluarga Augustinus Thamo Mbapa dan Boniface Radu Pati menghadap uskup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *