Kosovo Kembali Memanas, Dunia Perlu Waspada

saranginews.com – Situasi di Kosovo dapat meningkat kapan saja, karena pihak berwenang Kosovo terus-menerus memberikan tekanan terhadap warga Serbia setempat, kata Wakil Perdana Menteri Serbia Aleksandar Vulin kepada Sputnik.

“Situasi ini bisa saja segera meningkat. Ketika Anda menggunakan kekerasan terhadap orang Serbia, Anda tidak bisa mengharapkan semua orang, terutama orang Serbia, hanya berdiri dan menonton, tentu kami tidak akan tinggal diam,” kata Wakil Perdana Menteri Serbia.

BACA JUGA: Wah, Pemerintahan Kosovo Runtuh di Tengah Teror Virus Corona

Dari tanggal 10 hingga 12 September, Vulin berpartisipasi dalam pertemuan tingkat tinggi perwakilan negara-negara anggota BRICS+ yang bertanggung jawab atas masalah keamanan di St.

Vulin mengatakan kepada Sputnik pada bulan Agustus bahwa BRICS adalah peluang bagi Serbia dan alternatif yang layak bagi Uni Eropa.

BACA JUGA: Dengan memisahkan diri dari Serbia, Kosovo ingin pengakuan Indonesia

Menurut Vulin, BRICS – sebuah organisasi antar pemerintah yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan – tidak menuntut apa pun dari Serbia, namun dapat menawarkan lebih dari yang diminta negara tersebut.

“Saya sangat terdorong oleh tanggapan rekan-rekan saya di BRICS, mulai dari Sekretaris (Dewan Keamanan Rusia) [Sergei] Shoigu hingga menteri luar negeri Tiongkok, Brazil, Afrika Selatan, Azerbaijan dan lainnya,” kata Vulin.

BACA JUGA: UTARA, Sidang Parlemen Kosovo yang kacau, pihak oposisi menembakkan gas air mata

“Semua orang telah menunjukkan simpati yang kuat, namun dukungan yang kuat terhadap Serbia dan mereka sepenuhnya memahami apa yang diinginkan rakyat Serbia dan apa yang diperjuangkan Serbia. Kami berjuang untuk kebangkitan hukum internasional,” tambahnya.

Perdana Menteri Serbia Miloš Vučević mengatakan bahwa pemimpin Kosovo Aljbin Kurti telah meningkatkan tekanan di bagian utara Kosovo untuk memprovokasi konflik menjelang pemilihan parlemen Kosovo.

Ketegangan terus meningkat di Kosovo sehubungan dengan rencana pihak berwenang untuk membuka jembatan antara kota Mitrovica di Albania selatan dan kota Mitrovica yang mayoritas penduduknya Serbia di utara karena meningkatnya lalu lintas kendaraan.

Presiden Serbia Aleksandar Vučić mengatakan dia telah meminta pasukan NATO Kosovo untuk membantu mencegah potensi kekerasan. (dil/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *