Usung Konsep Modern & Ramah Lingkungan, BTN Lakukan Groundbreaking Ecopark Gandul

saranginews.com, DEPOK – PT Bank Tabungan Negara (BTN) menyatakan minatnya terhadap proyek BTN Ecopark Gandul yang berlokasi di Gandul, Cinere, Depok, Jumat (18/10).

Situs ini merupakan misi BTN untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan keamanan perusahaan.

Baca Juga: BTN Berikan Bantuan Finansial Penuh pada Bazar UMKM BUMN di Sarinah

Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu mengatakan, BTN Ecopark Gandul akan menjadi lingkungan belajar yang nyaman dan komprehensif bagi pegawai BTN dengan pola pikir modern dan ramah lingkungan (lingkungan).

Melalui situs ini, BTN menerapkan prinsip berkelanjutan dan mencapai tujuan perusahaan untuk menjadi salah satu oleh-oleh terbaik dari rumah di Indonesia.

Baca Juga: Lewat KRIYAsi, PT Pegadaian ikut dorong pertumbuhan UMKM di bidang teknologi

“BTN merasa bangga bisa membangun BTN Ecopark Gandul dalam rangka meningkatkan pengelolaan usaha dan pengembangan masyarakat, karena masyarakat adalah bagian dari investasi masa depan. Jadi, ini investasi nyata,” kata Nixon pada acara pembukaan BTN Ecopark Gandul .

Nixon mengatakan, BTN sudah mulai membenahi dan mengelola aset-asetnya, antara lain tanah, kantor wilayah (Conville), fasilitas pencatatan, dan fasilitas pelatihan.

Baca Juga: Muchlas Rowi Diangkat Kembali Menjadi Komisaris Independen Jamkrindo

BTN Ecopark Gandul akan memiliki fasilitas pencatatan berukuran besar dan sedang, sehingga pengelolaan dan keamanan data dan dokumen nasabah, termasuk dokumen real estate, akan terorganisir dan efisien.

Sementara itu, keberadaan pusat akademik baru yang dilengkapi akomodasi akan mengurangi biaya perolehan.

“Menurut perhitungan kami, lebih banyak uang yang bisa dihemat jika kami memiliki rumah sendiri daripada menyewa. Maka kami memutuskan untuk membangun gondola Ecopark dan fasilitas serupa di Bandung karena cost and benefitnya lebih baik,” kata Nixon.

Terletak di atas lahan seluas 4,9 hektar di kawasan Gandul, Cinere, Depok, BTN Ecopark Gandul menyediakan pusat pendidikan dan pelatihan komprehensif bagi karyawan BTN.

Fasilitas tersebut diharapkan dapat memenuhi seluruh kebutuhan pekerja dalam satu komunitas yang terintegrasi dengan konsep Green Building dan Green Neighborhood.

Gedung BTN Ecopark Gandul juga akan dilengkapi dengan gedung induk yaitu gedung belajar dan akomodasi mahasiswa peserta, serta ruang pencatatan dan arsip.

Guna menunjang aktivitas masyarakat yang terlatih dan sehat, BTN Ecopark Gandul akan memiliki beberapa fasilitas olah raga dan lapangan sepak bola, Kantor Cabang Pembantu (KCP) BTN, Auditorium, Masjid, Foodcourt dan Danau Resapan.

“Melalui gagasan mendukung lingkungan hidup, BTN Ecopark Gandul merupakan bukti nyata upaya BTN dalam menggunakan metode yang membantu mempercepat inovasi layanan perbankan hijau, yaitu mengurangi total emisi karbon di seluruh aspek perusahaan. ” kata Nixon.

Rencana pengembangan BTN Ecopark Gandul dibagi dalam tiga tahap dan diharapkan selesai pada tahun 2027.

Selain pembangunan BTN Ecopark Gandul, BTN juga telah memulai pembangunan pusat pendidikan dan kompleks perumahan besar seluas 3,1 hektar di kawasan Dago, Bandung, Jawa Barat.

“Kami yakin upaya ini akan membantu BTN mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin timbul seiring tumbuhnya perusahaan sebagai organisasi yang berupaya menghubungkan perekonomian,” ujarnya (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *