Eropa Memanas! Finlandia & Swedia Dukung Ukraina Menginvasi Rusia

saranginews.com – Menteri Luar Negeri Finlandia Elina Valtonen dan Menteri Luar Negeri Swedia Maria Malmer Stenergard mengatakan negara mereka tidak membatasi wilayah penggunaan senjata yang dipasok ke Ukraina, saluran TV Finlandia MTV melaporkan.

“Satu-satunya batasan adalah bahwa senjata tersebut harus digunakan dalam kerangka hukum internasional,” kata Valtonen.

Baca Juga: Tak Tergoyahkan, Negara Kecil Ini Usir Diplomat Rusia yang Tanpa Pamrih

Meskipun Stenergaard, yang baru saja ditunjuk sebagai menteri luar negeri Swedia pada 10 September, tidak membatasi penggunaan senjata tersebut di wilayah Ukraina, senjata tersebut juga dapat digunakan untuk menyerang wilayah Rusia, menurut saluran TV tersebut.

Sebelumnya, ketua komite pertahanan parlemen Finlandia, Jukka Kopra, mengatakan kepada televisi publik Yle bahwa Finlandia, ketika mentransfer senjata ke Ukraina, tidak melarang penggunaannya di wilayah Rusia.

BACA JUGA: KRI Bima Suci Tiba di Jakarta sebelum menuju Rusia dan Jepang

Sebagai tanggapan, Wakil Ketua Dewan Federasi Rusia, Konstantin Kosachev, mengatakan kepada Sputnik bahwa Rusia akan membalas Finlandia jika Helsinki tidak mencabut izin yang diumumkan kepada Kiev untuk menyerang wilayah Rusia dengan senjata.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengatakan bahwa negara-negara NATO kini tidak hanya membahas kemungkinan penggunaan senjata Barat dalam jangka panjang oleh Kiev, namun juga memutuskan apakah akan berpartisipasi langsung dalam konflik di Ukraina.

Baca juga: Selebriti Rusia Ini Menangis Saat Taksi Online Meninggalkannya di Pinggir Jalan.

Partisipasi langsung negara-negara Barat dalam konflik Ukraina akan mengubah maknanya; Rusia harus mengambil keputusan berdasarkan ancaman yang ditimbulkannya, tambah Putin. (semut/dil/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *