Jokowi Terlahir sebagai Mulyono

saranginews.com – JAKARTA – Nama Mulyono jarang terdengar di media sosial di kalangan politisi dan pengguna internet.

Ono Surono, Ketua DPD PDIP Jabar, juga menyebut Mulyono.

BACA JUGA: Siapapun yang Tak Maju di Pilkada Jabar 2024, Ono Surono Salahkan Mulyono

Ono menyebut Mulyono menjadi alasan Anies Baswedan batal mencalonkan diri di Pilgub Jabar 2024.

Siapa Mulyono?

BACA JUGA: Selamat Ulang Tahun Presiden Mulyono

Kolumnis Dhimam Abror Juraid alias Cak Abror pernah menulis tentang Mulyono dalam artikelnya yang bertajuk “Selamat Ulang Tahun Presiden Mulyono”.

“Tidak banyak yang mengenal Mulyono, tapi Joko Widodo, hampir semua orang di Indonesia mengenalnya,” kata Cak Abror pada 21 Juni 2023.

BACA JUGA: Ini Kata Elit PDIP Bandung Soal Kepastian Duo Anies-Ono Surono di Pilgub Jabar

“Beliau adalah Presiden Ketujuh RI, lahir Mulyono,” imbuhnya.

Cak Abror menjelaskan, pergantian nama merupakan hal yang lumrah dalam tradisi masyarakat pedesaan di Pulau Jawa.

Anak kecil yang sakit dan tidak kunjung sembuh akan diganti namanya karena dianggap tidak mampu mendukung nama tersebut.

“Mulyono adalah nama umum dalam bahasa Jawa yang artinya “ono kamulyan” atau “ada kemuliaan”. Mungkin nama itu terlalu berat untuk bocah super kurus ini. Sehingga ia menggantinya dengan nama baru, Joko Widodo. Joko dalam bahasa Jawa artinya “muda”, sedangkan Widodo artinya kaya, kata Cak Abror.

“Ternyata nama ini membawa keberuntungan. Perjalanan hidup Joko muda melesat bagai meteor. Nama Joko dan Widodo merupakan nama pasar di Pulau Jawa. Namun, ketika kedua nama itu digabung menjadi Jokowi, belum ada yang bisa menandinginya. Ibarat menaiki tangga, Jokowi mengawali karirnya sebagai pengusaha kayu dan furnitur, kata Cak Abror.

Menurut Cak Abror, Joko Widodo bukanlah sosok aktivis mahasiswa yang suka berteriak dan memimpin demonstrasi atau memoderasi diskusi politik. Karirnya di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) hanya sebatas kegiatan pendakian gunung.

“Namun, karier politik Joko melesat bak meteor. Meski mendekati masa pensiun, ia ingin memastikan warisannya terus berlanjut,” kata Cak Abror. (*/jpnn)Video terpopuler saat ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *