Ingin Samai Paus Fransiskus, Jokowi Bakal Naik Kendaraan yang Persis

saranginews.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan menggunakan mobil Toyota Innova Zenix untuk kembali bertemu Paus Fransiskus sebelum menghadiri Misa Agung di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9) berlanjut

Jokowi harus menemukan kesetaraan, sekaligus menghormati pemimpin komunitas Katolik.

BACA JUGA: Tempat parkir di Jakarta Timur mulai terisi bus untuk Misa Besar Paus Fransiskus

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengatakan, langkah Presiden menggunakan Toyota Innova Zenix sebagai kendaraan yang ditumpangi Paus Fransiskus saat berkunjung ke Indonesia merupakan bentuk penghormatan.

“Ini sebagai bentuk penghormatan,” kata Hasan Nasbi melalui pesan singkat di Jakarta.

BACA JUGA: Guru Muslim Asal Buton Menelepon, Tersentuh Pertemuan Langsung dengan Paus Fransiskus

Ia mengatakan, pada kesempatan-kesempatan sebelumnya, Jokowi kerap menggunakan mobil tersebut untuk keperluan pribadi.

Namun dalam konteks pertemuan dengan Paus, menurutnya, menggunakan mobil serupa yang ditunggangi Paus adalah hal yang lumrah.

BACA JUGA: Umat Kristiani di Indonesia punya banyak harapan yang ingin mereka sampaikan kepada Paus

“Kalau ke misa paus (bertemu Paus sebelum misa) naik mobil, itu juga biasa, karena Paus juga menggunakan mobil yang sama. Mencari persamaan daripada menunjukkan perbedaan itu penting jago diplomasi dan komunikasi. .” katanya.

Hasan mengatakan, hal serupa juga terjadi saat Jokowi menghadiri acara pesta, dimana kepala negara hampir selalu mengenakan pakaian yang senada dengan warna partai.

“Sehingga kita lebih dekat secara emosional, dan komunikasi lebih hangat,” jelasnya.

Sebelumnya, Jokowi menggunakan mobil Toyota Innova Zenix usai menerima Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/9). Mobil tersebut juga merupakan jenis mobil yang sama yang digunakan Paus Fransiskus saat berkunjung ke Indonesia.

Langkah Jokowi menggunakan Toyota Innova Zenix menarik perhatian masyarakat karena bukan mobil dinas yang sering digunakan presiden.

Komandan Pasampres Mayjen. gen. TNI Achiruddin mengatakan pergantian mobil Presiden merupakan hal yang lumrah, apalagi dalam kegiatan penyamaran atau penyamaran. Achiruddin juga mengungkapkan, kendaraan yang sama akan digunakan Jokowi untuk kegiatan Kamis nanti.

“Besok (Kamis ini) dia juga akan menggunakan mobil. Sebenarnya hal itu wajar, karena dalam berbagai kegiatan penyamaran (incognito) dia menggunakan kendaraan innova,” jelas Achiruddin. (antara/jpnn) Yuk tonton juga video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA… Dunia saat ini: Paus Fransiskus menyerukan pesan persaudaraan, keadilan sosial, dan toleransi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *