Menteri Anas Sebut Kolaborasi Percepatan Reformasi Berdampak Langsung pada Masyarakat

saranginews.com, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengucapkan terima kasih kepada 91 Pemerintah Daerah (PEMDA) yang menerima Penghargaan Praktik Tata Kelola Terbaik pada Penghargaan Pandu Negara 2024.

Menteri Anas menilai pemerintah daerah penerima penghargaan tersebut menunjukkan komitmen nyata pemerintah dalam melaksanakan reformasi birokrasi yang berdampak langsung kepada masyarakat.

Baca juga: Menteri Anas jelaskan progres dan rencana transisi ASN ke IKN, ada juga pandangan lain.

“Selamat kepada para penerima penghargaan,” kata Menteri Anas saat menjadi keynote speaker pada acara Pandu Negeri Anugera 2024 yang digelar di Jakarta, Kamis (9/5).

Menteri Anas juga mengapresiasi acara Anugura Pandu Negeri yang secara rutin menilai tata kelola pemerintahan di daerah.

Baca juga: Menteri Anas jelaskan pengkreditan pegawai non-ASN ke Komisi II DRP berdasarkan tiga aturan tersebut

Mantan Bupati Banuangi ini mengatakan perlunya penguatan inovasi dan kolaborasi lintas sektor di lembaga pemerintah untuk menerapkan praktik tata kelola dan tata kelola yang baik.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mempercepat reformasi birokrasi melalui reformasi birokrasi tematik.

Baca juga: Menteri Anas Puji Implementasi Reformasi Birokrasi di Kementerian BUMN

Menteri Anas mengatakan: “Berdasarkan kajian Deloitte, kini saatnya berkolaborasi, bukan bersaing, dalam menciptakan inovasi. Tidak ada aktor yang dapat mencapai tujuan tanpa mempengaruhi aktor lain.”

Sigit Pramono, pendiri Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) dan ketua umum IICD-IIPG 2012-2024, mengatakan IPPG merupakan mitra strategis pemerintah dalam mendukung reformasi tata kelola di sektor publik sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. terbaik yang bisa dicapai. Mencapainya melalui koordinasi dan koordinasi lintas sektor

Sigit menutup, “Kami berharap penghargaan ini dapat mendukung dan mendorong pemerintah daerah untuk selalu menerapkan praktik terbaik dalam tata kelola dan inovasi guna meningkatkan daya saing berkelanjutan.”

Sekadar informasi, Penghargaan Pandu Negeri merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan IIPG kepada pemerintah provinsi, kabupaten, atau kota, khususnya di daerah 3T (Terdepan, Belum Tersentuh, Terluar), yang menunjukkan kinerja baik dan praktik tata kelola di daerahnya telah tercapai. . (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *