Menag Yaqut Ungkap Keberhasilan Mendorong Perbaikan Lembaga Pendidikan

saranginews.com – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pihaknya berhasil mengembangkan lembaga pendidikan khususnya sekolah Islam.

Hal itu diungkapkannya dalam sambutannya pada Religion Fest yang digelar di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (9/10).

BACA JUGA: Rekomendasi Komisi Khusus Minta Prabov menunjuk Menteri Agama yang Lebih Baik dari Yaqut

Menteri Agama Yaqut mengatakan, “Madrasah kini menjadi pilihan utama siswa, dan prestasinya menjadi suatu kebanggaan. Setiap tahunnya, banyak siswa madrasah yang masuk 100 besar hasil ujian dan kerap menjuarai Olimpiade ‘negeri’. .

Tokoh favorit GusMen ini mengatakan, pihaknya juga mampu memperkuat banyak madrasah dan pesantren yang berpeluang berkembang.

BACA JUGA: Jokowi Posting 2 Foto Bareng Prabowo, Ini Katanya

Lanjutnya, “Kemenag mendorong mereka untuk punya masa depan sendiri. Kemenag juga berhasil menambah jumlah perguruan tinggi agama negeri dari tujuh menjadi 18.”

Tak hanya itu, Kementerian Agama mampu mengubah 18 Lembaga Keagamaan Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) dan 13 sekolah menengah menjadi institusi.

BACA JUGA: MenPAN-RB Beberkan Instruksi Jokowi Soal Kepindahan ASN ke IKN, Siap Saja

“Kemenag juga mampu mendirikan Islamic Cyber ​​University dan menjadi universitas Islam pertama di Indonesia yang memiliki 4.200 mahasiswa,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pihaknya mampu memperjuangkan salah satu program yang paling mendesak yakni kemandirian 3600 pesantren.

“Hasilnya saat ini sudah ada 432 pesantren yang sudah mempunyai pusat bisnis milik pesantren. Ini sungguh luar biasa karena pesantren diartikan sebagai lembaga pendidikan yang berbasis pada pihak lain, sehingga mudah digunakan, terutama kekuatan politik. “, tutupnya. Yakut. (mcr8/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *