Jabal Al-Nour Hingga Jumeirah Jabal Omar Jadi Destinasi Jemaah Umrah 

saranginews.com, JAKARTA – Usai menunaikan ibadah umrah, ada beberapa aktivitas yang biasa dilakukan jamaah atau jamaah haji di dekat kota suci Mekkah dan Madinah, atau di wilayah lain di Arab Saudi.

Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi jemaah yang hadir.

BACA JUGA: Jumeirah Jabal Omar Makkah Siap Terima Jemaah Umroh Indonesia

“Banyak jemaah haji Indonesia yang melanjutkan perjalanannya untuk melihat keajaiban kota suci Mekkah,” kata General Manager Jumeirah Jabal Omar Makkah Rizwan Shaikh dalam keterangannya, Senin (26/8). 

Sebagai salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di dunia, Mekah menawarkan pengalaman menjelajahi kota suci lebih dari sekedar beribadah.

BACA JUGA: Kapal Jabal Nur Tenggelam di Perairan Manggarai Barat

Dari situs bersejarah hingga atraksi modern, setiap sudut kota Makkah akan menambah pengalaman spiritual dan mental wisatawan.

“Tempat-tempat ini menawarkan kesempatan unik untuk merasakan warisan budaya dan spiritual kota ini,” katanya.

BACA JUGA: Expo Haji dan Umrah 2024, Marco Travel menawarkan paket murah dengan fasilitas lengkap

Ia mencontohkan meditasi pagi hari di Jabal Al-Nour atau Gunung Cahaya, tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertamanya. Tempat ini menawarkan relaksasi dan dapat menjadi titik awal sebelum hari dimulai. 

Terletak sekitar 4,8 km dari Makkah, perjalanan menuju puncak Jabal Al-Nour cukup sulit, namun bisa menjadi waktu yang berharga.

Dari tingkat tertinggi, peziarah bisa melihat pemandangan indah dan melihat indahnya kota yang diterangi cahaya pagi, mereka merasakan ketenangan dan memungkinkan untuk merefleksikan sejarah mendalam yang terjadi di sana.

“Ada pula Museum Mekah yang dekat dengan Masjidil Haram, menghadirkan beberapa koleksi barang antik dan pameran interaktif yang menjelaskan sejarah kota Mekah dan mengajak Anda mengikuti pengaruh peradaban kuno,” ujarnya.

Di sisi lain, pabrik Kiswah Ka’bah (kain penutup Al-Ka’bah) di Istana Raja Abdul Aziz merupakan salah satu fasilitas tenun dan dekorasi terbaik di Makkah.

Pengunjung dapat melihat tingginya ketrampilan dan dedikasi para pekerja dalam pembuatan penutup Ka’bah dari bahan sutra murni dan benang perak kelapa yang dilapisi emas mengkilat. 

Ada juga situs pemakaman Al-Muallaa yang dikenal dengan nama Jannat al-Mualla, yang merupakan salah satu pemakaman tertua dan terbesar di wilayah tersebut.

Dianggap sebagai situs sejarah penting dalam sejarah Islam, ini adalah tempat peristirahatan beberapa tokoh Muslim terkenal, termasuk kerabat Nabi Muhammad. 

Jika Anda hobi memasak, Anda bisa mengunjungi Menara Abraj Al Bait, bangunan mewah ini menampung Museum Menara Jam yang menawarkan pemandangan kota yang indah, juga merupakan rumah bagi perbelanjaan mewah. .,” katanya.

Selain itu, jamaah dapat menginap di Jumeirah Jabal Omar Makkah yang menawarkan kenyamanan hotel bintang lima untuk melengkapi pengalaman berkunjung ke Makkah secara keseluruhan.

Terletak di kawasan Jabal Omar, dari hotel ini tamu dapat mencapai Masjidil Haram dengan berjalan kaki, menjadikannya pilihan ideal bagi jamaah umrah. 

Hotel ini memiliki 1.121 kamar, suite, dan hunian mewah, menawarkan fasilitas mewah kelas atas yang menjamin kenyamanan dan kedamaian saat Anda menjalankan ibadah. 

“Mackah akan meninggalkan kesan mendalam di hati kalian,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *