Ikhtiar KUBI Memajukan Kibordis dan Pianis Indonesia

saranginews.com, Jakarta – Persatuan Keyboard Nasional Indonesia (KUBI) terus menggarap berbagai proyek sejak resmi menjadi sebuah organisasi.

Kursus-kursus yang ditawarkan dirancang untuk mendorong perkembangan pemain keyboard atau pianis serta masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Ruth Sahanaya tampil konser spesial di Mantra PIK

Salah satunya adalah program edukasi musik yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2024 di DSS Music Jakarta Selatan.

First Vice President KUBI Teffy Mayne di DSS Music, Jakarta Selatan, Senin (26/8).

Baca juga: Gigi itu Tak Terbatas

Program edukasi musik KUBI mencakup berbagai narasumber selebriti dan partner dari berbagai bidang.

Forum tersebut akan menjadi wadah bagi para peserta untuk berbagi pengalaman dan mengembangkan ilmunya.

Baca Juga: 2 Album Dirilis di Spotify, Bernadya Masih Tetap Rendah Hati

“Kita harus saling mendukung dan terus berkembang,” jelas Fadil Indra, wakil presiden kedua KUBI.

Banyak musisi yang turut hadir dalam upacara pembukaan proyek KUBI tersebut, antara lain Tamam Husein, Ferdinand Marsa, dll.

Program KUBI juga didukung oleh beberapa musisi papan atas antara lain Addie MS, Candra Darusman dan Donny Hardono (alias Donny DSS).

Tokoh-tokoh tersebut menyampaikan apresiasi atas komitmen dan visi KUBI ke depan.

“Kita perlu bersatu, bersatu, memperjuangkan sesuatu bersama-sama, lebih bersuara. Saya mendukung terciptanya KUBI yang terdiri dari orang-orang hebat,” kata Candra Darusman.

“Selamat kepada KUBI, saya akan mendukungnya,” kata Addie MS.

KUBI (Pemain Keyboard Nasional Indonesia) adalah komunitas pemain keyboard dan pianis yang didirikan pada Agustus 2015 atas inisiatif Fadhil Indra.

Komunitas ini dibentuk untuk mempererat hubungan antara keyboardist dan pianis dari semua genre musik.

KUBI berkembang dari beberapa anggota awalnya karena semakin banyak anggota KUBI yang saling berbagi ilmu di bidang musik.

Pada bulan Februari 2017, para anggota merencanakan pertunjukan untuk 100 pemain keyboard dan berkonsultasi dengan sesama pemain keyboard veteran Donny Hardono.

Donny Hardono selanjutnya mendampingi KUBI dalam segala persiapan teknis dan non teknis, dan konser pertama KUBI berlangsung pada tanggal 20 Mei 2017 di Graha Bhakti Budaya, Jakarta.

Pertunjukan musik pada masa itu terbagi menjadi beberapa genre yaitu klasik, elektronik, jazz, pop, dang dut, anak-anak, musik dunia, dan rock.

Pertunjukan yang menampilkan 132 pianis dan keyboardist ini terdaftar sebagai pemegang rekor dunia oleh Record Holders Republic.

Selain itu, Konser Keyboard 100 diadakan di Monas pada 10 Oktober 2017 bertepatan dengan peresmian RPRTA 100.

Dengan bertambahnya jumlah anggota, KUBI dapat berkontribusi kepada masyarakat Indonesia dengan mempromosikan negara melalui musik, penciptaan lagu-lagu baru, dan pendidikan.

Ide-idenya sudah terkumpul, namun pada tahun 2020 pandemi melanda dunia dan industri musik terhenti.

Meski demikian, gagasan penyempurnaan KUBI tetap kuat. KUBI berkolaborasi dengan PAPPRI merayakan Hari Musik Nasional dengan konser 100 speaker dan 100 keyboard di Kemang Village pada 18 Maret 2023.

KUBI melanjutkan dan mengembangkan gagasannya pada tahun 2023, sehingga diputuskan KUBI harus menjadi kelompok formal.

Konferensi nasional pertama akan dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2023 di DSS Music yang juga merupakan kantor Sekretariat KUBI.

“Dengan disetujuinya KUBI sebagai organisasi resmi, KUBI sedang mempersiapkan rencana untuk mempromosikan keyboard tersebut kepada para pianis Indonesia dan masyarakat Indonesia,” kata Fadhil Indra.

Saat ini KUBI diketuai oleh Krishna Siregar dan beranggotakan sekitar 229 orang dari berbagai departemen.

KUBI bertekad untuk terus menyelenggarakan program-program yang bermanfaat bagi anggotanya dan masyarakat Indonesia. (hh/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *