Di W20 Brasil, Farahdibha Soroti Peran Wanita sebagai Motor Penggerak Ekonomi

saranginews.com, RIO DE JANEIRO – Farahdibha Tenrilemba, Wakil Presiden Hubungan Internasional Kongres Perempuan Indonesia (KOWANI), menyoroti pentingnya peran perempuan dalam pengentasan kemiskinan dalam Women’s Association 20 (W20) di Rio de Janeiro, Brasil.

Farahdibha kali ini menjelaskan tentang pentingnya peran perempuan dalam meningkatkan perekonomian keluarga dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di negara-negara berkembang.

BACA JUGA: Farahdibha Tenrilemba soroti kesuksesan W20 saat Indonesia menjadi presiden G20

Menurut Farahdibha, sinergi berbagai pemangku kepentingan dan pemberdayaan perempuan sebagai penggerak keluarga terbukti berhasil di Indonesia.

“Kita melihat keberhasilan program pengentasan kemiskinan yang dilakukan pemerintah berkat partisipasi perempuan dalam keluarga,” kata Farahdibha, dalam keterangannya, Rabu (2/10).

BACA JUGA: Co-Chair W20 Bidang UKM Soroti Permodalan UKM di Ciamis dan Kuningan

Dalam konferensi yang dihadiri perwakilan dari berbagai negara, antara lain Australia, India, Kanada, dan Brazil, Farahdibha berbagi pengalaman Indonesia dalam melaksanakan program pengentasan kemiskinan.

Ia juga menyoroti pentingnya koordinasi antar pemangku kepentingan untuk memastikan pengumpulan data yang akurat dan berkelanjutan untuk mendukung kegiatan tersebut.

BACA JUGA: Melalui proyek 1MPACT, Bank Mandiri membantu perempuan Indonesia berdaya secara ekonomi

Selain itu, Farahdibha mengatakan peran perempuan tidak hanya sebatas di keluarga, melainkan di sektor perencanaan yang membantu perekonomian.

Ia menyoroti pentingnya pemberdayaan perempuan secara nasional dan internasional melalui kebijakan inklusif yang mendukung kesetaraan gender.

KTT W20 di Brazil yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 September hingga 4 Oktober 2024 akan membahas topik-topik penting seperti peran perempuan dalam perekonomian, masyarakat, dan politik dunia.

Konferensi ini merupakan forum bagi berbagai negara untuk berbagi strategi dan pengalaman dalam mempromosikan hak-hak perempuan di seluruh dunia.

Dengan mengangkat isu pengentasan kemiskinan, W20 Brazil diharapkan dapat mengambil langkah penting dalam mendukung pemberdayaan perempuan dan meningkatkan partisipasi mereka di berbagai sektor. (jlo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *