Kemenkominfo Gencarkan Sosialisasi Pembangunan IKN lewat 4 Program Ini

saranginews.com, Jakarta – Tanggal 17 Agustus lalu, Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 menjadi tonggak sejarah baru. Acara tersebut digelar di dua lokasi berbeda, yakni Istana Negara di Ibu Kota Kepulauan (IKN), Kalimantan Timur dan Istana Merdeka Jakarta.

Dirayakannya festival ini pada tanggal 17 Agustus di IKN menjadi sesuatu yang istimewa karena merupakan perwujudan pertama, dan karena Pusat Pemerintahan terletak di sana, hal ini menunjukkan kesiapan infrastruktur yang lebih baik.

Baca Juga: Menteri Perhubungan Budi di IKN Bicara Soal Angkutan Taksi Terbang, Oh Sudah Berubah

Perkembangan proyek IKN tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, sehingga HUT ke-79 Republik Indonesia dapat dimanfaatkan untuk merayakan perdamaian.

Septriana Tangkari, Direktur Informasi dan Komunikasi Ekonomi dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengatakan sejumlah kegiatan telah dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap proses pengembangan IKN berbasis data.

Baca juga: Mitsubishi L100 EV dan Fuso Ecanter Resmikan di IKN

Septriana menyatakan, ada empat program yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menyebarkan informasi terkait perkembangan proyek IKN.

Pertama, kata dia, merupakan kegiatan silaturahmi yang berpengaruh dengan topik sejauh mana perkembangan IKN.

Baca juga: Hardjuno Wiwoho: Upacara 17 Agustus IKN Harus Jadi Titik Awal Reformasi Hukum di Indonesia

Pada agenda kali ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika membahas perkembangan IKN yang bekerjasama dengan influencer media sosial.

Kegiatan ini berlangsung di beberapa kota di Indonesia antara lain Makassar, Sulawesi Selatan dan Manado, Sulawesi Utara.

Agenda program selanjutnya adalah memberikan pengetahuan tentang IKN dengan menyelenggarakan konser musik Nusantara di Anjungan Sarina Jakarta pada tanggal 31 Juli.

Pada penampilan tersebut menghadirkan narasumber yang mumpuni baik dari kalangan IKN maupun generasi muda yaitu pimpinan ahli IKN otoritas kerjasama dan industri kreatif Panji Himawan, Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Rima Agristina, Anggota Paskibrak 2024 Naila Alita. Alkubra Sinapoi dan Purna-Paskibraka 2023 Lily Indriani Suprathman.

Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menggelar acara Binkang Nusantara di Makassar, yang kemudian diikuti oleh 43 pemimpin redaksi yang bertemu dengan media nasional dan enam media lokal di lingkungan IKN serta menggelar konferensi pers Menkominfo. Menginformasikan kepada pimpinan lembaga negara lainnya.

Terkait IKN, Septriana mengatakan hal itu merupakan upaya mempercepat proses pembangunan, pemerataan, dan pemberdayaan daerah lain di Indonesia.

Menurut Septriana, dengan berdirinya IKN dapat menjadi katalis berkembangnya pusat ekonomi baru di Pulau Kalimantan dan wilayah Indonesia Timur secara keseluruhan.

Pemindahan ibu kota ke pulau-pulau merupakan upaya membangun kawasan baru yang cerdas dan berdaya saing global serta menciptakan lokomotif perubahan baru berbasis teknologi dan ekonomi hijau Indonesia. Septriana, Rabu (21/8).

Dijelaskan Septriana, Ikeen didirikan untuk menjadi kota yang mengedepankan integrasi sosial dan modern dengan mengedepankan perlindungan dan kelestarian alam dan lingkungan hidup.

“Implementasi konsep keberlanjutan di IKN memerlukan kerja sama antara pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk mencapai visi bersama dalam membangun kota yang mengedepankan kelestarian lingkungan dan inovasi,” kata Septriana.

Data yang dihimpun Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara, hingga Juli 2024, paket IKN telah mencapai progres pembangunan infrastruktur sebesar 86 persen.

Sedangkan pada Juli 2024, pembangunan Istana Kerajaan dan lapangan upacara IKN tercatat sebesar 82,73 persen. Sedangkan tahap pembangunan Kantor Presiden sudah mencapai 88,54 persen. (dil/jpnn) Jangan lewatkan video pilihan editor ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *