Koil Menyemangati Persib Lewat Lagu Hanya Untuk Menang

saranginews.com, Jakarta – Band industrial rock/metal Bandung Koil merilis lagu bertajuk Just To Win.

Perilisan lagu ini merupakan penawaran khusus atau lagu kebangsaan klub sepak bola Persip Bandung oleh grup beranggotakan Otong (vokal), Tonyantoro (gitar), Vladwamp (bass, synthesizer) dan Leon Lego (drum).

Baca juga: Temple Hadirkan Lagu No Wi-Fi In Afterlife Versi Original

Seperti karya Temple sejak Megaloblast (2001) dan Blacklight Shines On (2007), lagu Just To Win punya ciri khas yang kuat.

Lagu produksi Donyantoro ini memiliki riff yang lebih catchy, namun tetap terdengar autentik dan antemik.

Baca juga: Untuk Temple, Joyland Festival 2022 siap menerima pengunjung

“Aku selalu ingin membuat lagu yang mudah dinyanyikan banyak orang, walaupun aku membuatnya untuk Aku Rindu dari album Blacklight, tapi kali ini aku ingin sedikit berbeda. Tony Coyle pada Rabu (21/8) mengatakan bahwa “favorit saya adalah berkompetisi di lapangan”, seperti semboyan seorang pecinta sepak bola, lebih tepatnya menonton tim secara langsung.

Menurut Tony, ia memiliki ikatan emosional dengan Persib yang otomatis memunculkan perasaan sentimental saat ia menciptakan lagu Just To Win.

Baca juga: Ariel Noah Terinspirasi Kuil

Salah satu kenangan yang tak terlupakan adalah menyaksikan Persib bertanding di stadion bersama ribuan Bobotos.

“Sekitar tahun 1987, saya dan Otong diajak oleh mendiang ayah kami. Hari itu, Persib melakoni laga persahabatan melawan PSV Eindhoven (Belanda) di Stadion Siliwangi. “Kenangan masa lalu kembali muncul,” jelasnya.

Saat merekam lagu Just To Win, Koil meminta bantuan beberapa orang.

Jika biasanya suara-suara tersebut hanya diisi oleh Candi Odong, kali ini dibagi menjadi 9 suara utama.

Selain Otong dan 3 pekerja candi, 5 pengisi suara tamu seperti Al Astra Vertijantoro, Hario Yutando, Herbert Tony Indira, Joseph Kasmasyata Siddhi Vidyasto dan Marliana (Deana) turut angkat bicara.

“Saya suka membuat suara yang repetitif. Dari awal sampai akhir, bisa dibilang nadanya kurang lebih sama, serta liriknya yang langsung dan repetitif. Tujuannya, buat lagunya sesederhana mungkin,” ujar Tony. Kuil.

Lagu Just To Win diciptakan dan ditulis pada Februari 2024, 3 bulan sebelum Percip menjuarai Liga 1 2023/2024.

Meski diciptakan sebagai lagu kebangsaan Percep, Just to Win juga mempunyai makna yang lebih luas dan dapat diterapkan pada berbagai aspek kehidupan setiap manusia.

Bagi para pecinta musik Tanah Air, meskipun lagu ini ditulis untuk Persip, namun semangat yang disampaikan Temple dalam lirik dan musik lagu tersebut merupakan bahasa universal untuk semangat positif dan tak terkendali yang dapat kita gunakan dalam seluruh kehidupan kita sehari-hari sebagai manusia. ” lanjut Kuil Leon Lego.

Lagu Just To Win karya Koil bisa kamu nikmati di berbagai platform musik digital.

JUST TO diluncurkan oleh Collabora SIP (Percip (Ted/JPNN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *