Ketum IMI Bamsoet Dorong Peningkatan Prestasi Atlet Gokart Indonesia

saranginews.com, BANDUNG – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menghimbau para atlet gokart Tanah Air untuk meningkatkan prestasinya.

Hal itu diungkapkan pria yang akrab disapa Bamsoet saat membuka tahun 2024 bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. putaran pertama kejuaraan karting.

BACA JUGA: Ketua IMI Bamsoet Resmikan Rantai Barcode Jalur Kart Elektrik di MOI Kelapa Gading

“Angkat topi untuk Pak Basuk atas kecintaannya pada olahraga motor, belum lagi waduk dan jalan tol, bahkan Pak Basuk sudah menyiapkan lintasan balap listrik lintas provinsi dengan menggunakan lahan eksisting milik Kementerian PUPR untuk membantu gokart meningkatkan kemampuannya. hidup.” prestasinya, menjadi internasional,” kata Bamsoet yang membuka edisi 2024, Sabtu (8/3). gokart listrik etape 1 di lintasan PUPR EV Bandung.

Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama IMI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ini memperebutkan Piala Menteri PUPR dengan diikuti 32 peserta dari berbagai daerah seperti Aceh, Lampung, Bandung, Jabodetabek, dll.

BACA JUGA: Kawasan hiburan akan segera meluncurkan go-kart terbesar di Indonesia

Mereka berkompetisi di berbagai kelas, antara lain kelas senior, junior, perguruan tinggi, dan ahli.

Pada tahun 2023, IMI bersama Kementerian PUPR juga sukses menyelenggarakan kompetisi karting listrik sebagai satu-satunya kompetisi karting listrik di Indonesia.

BACA JUGA: Harby Shahab Menimba Pengalaman Berharga di Babak Pembuka Kejurnas Karting

Hal ini dimungkinkan berkat kepemimpinan Menteri Basuk yang memiliki visi luar biasa untuk memajukan olahraga otomotif di Indonesia.

“Setelah Bandung 2024 30 November – 1 Desember yang kedua akan diadakan pada tahun 2024 wisata gokart listrik ibu kota nusantara (IKN) pada departemen Kementerian PUPR. Sebagai kontribusi dalam memajukan IKN melalui olahraga. dari karting,” tambah Bamsoet yang kini juga menjabat Ketua MPR RI itu.

Bamsoet mengatakan, berbagai perguruan tinggi juga turut serta dalam kompetisi kartu elektronik tahun 2024 ini.

Dari Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Politeknik Negeri Bandung, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Teknologi Indonesia, Institut Teknologi PLN, Universitas Tarumanegara dan masih banyak kampus lainnya.

Selain partisipasi dalam balap, partisipasi perguruan tinggi juga dapat membantu mempercepat konversi go-kart ke listrik.

Bamsoet berharap balap e-kart dapat melahirkan atlet-atlet e-kart hebat yang nantinya bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Dikatakannya, kejuaraan gokart telah melahirkan berbagai olahragawan motor berkualitas internasional, seperti Sean Gelael, Ananda Mikola, dan Rifat Sungkar.

Oleh karena itu, menurut Bamsoet, kejuaraan gokart bukanlah kompetisi main-main.

“Pada saat yang sama, transformasi kendaraan konvensional berbahan bakar minyak menjadi sepeda motor listrik ramah lingkungan juga digalakkan. Bebas emisi, ramah perawatan, dan hemat biaya,” jelas Bamsoet.

Semula lintasan EV PUPR sepanjang 970 meter kini bertambah menjadi 1,3 kilometer, lebar lintasan 6-14 meter dan memiliki 11 tikungan.

Pembangunannya menggunakan teknologi jalan inovatif yang dikembangkan Kementerian PUPR antara lain Aspal Plastik, Aspal Polimer PG70, Aspal Murni, Beton Aerasi, Aspal Berpori, Aspal Karet Alam, Tanggul Ringan dan Tanggul FABA.

“Setelah berada di Bandung dan proses pengembangan IKN, tidak menutup kemungkinan EV Circuit akan diperkenalkan ke banyak daerah lain melalui perkantoran seperti Sumatera, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan masih banyak daerah lainnya. Kementerian PUPR yang tersebar di berbagai daerah,” tutup Bamsoet. (tandai/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *