Antisipasi Darurat Pangan di Kepahiang, Kementan & Pemda Bersinergi Gencarkan Program PAT

saranginews.com, KEPAHIANG – Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan daerah gencar melaksanakan program Penambahan Areal Tanam (PAT).

Sehubungan dengan hal tersebut, Direktur Benih Hortikultura Kementerian Pertanian penanggung jawab Program PAT Provinsi Bengkulu, Inti Pertiwi Nashwari, didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang Taufik, dan Kepala Pusat Penerapan Standardisasi Kepala Alat Pertanian Provinsi Bengkulu Dedy Irwandi menggelar silaturahmi dengan Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid.

BACA JUGA: Tingkatkan Produksi Padi, Kementan sediakan 153 pompa air di Kabupaten Bengkulu Selatan

Dalam silaturahmi yang bersahabat dan hangat tersebut, berbagai pihak mempunyai pandangan terhadap situasi pertanian di Kabupaten Kepahiang.

Kerja sama antarlembaga dinilai menjadi kunci utama untuk mencapai tujuan bersama dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

BACA JUGA: Ancaman Krisis Pangan, Kementan Targetkan Tambah 44.734 Hektare Lahan Pertanian di Jambi

Sebelum bertemu dengan Bupati Hidayatullah Sjahid, Kementan menghubungi Posko Kabupaten Kepahiang dengan seluruh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dan Camat Mantri Tani di delapan kecamatan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang Taufik mengatakan jajaran dinas hingga tingkat kecamatan dan petugas lapangan siap mendukung program PAT.

BACA JUGA: Dirjen PSP Kementan turun ke lahan pertanian dan tawarkan solusi permasalahan irigasi di Desa Padang Bandung

“Kami optimistis target tanam seluas 1.286 hektare akan tercapai pada akhir September 2024, mencapai 105,15 persen dari target PAT, termasuk padi gogo,” kata Taufik.

Meskipun Kabupaten Kepahiang tidak memiliki kecamatan yang dominan dalam bidang pertanian, namun kondisi perairan yang stabil sepanjang tahun memungkinkan seluruh kecamatan berkontribusi dalam mensukseskan program PAT.

Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid menekankan pentingnya dukungan berbagai pemangku kepentingan untuk menyukseskan program pemerintah, baik di pusat maupun daerah.

“Di Pemda Kepahiang, khususnya program pertanian, kami sudah terbiasa bekerja sama dengan TNI dan Polri,” kata Bupati Hidayatullah Sjahid.

Ia mengatakan, semua pihak berperan sesuai bidang keahliannya masing-masing, mulai dari camat, Danramil, Babinsa, hingga Bhabinkamtibmas, serta penyuluh di lapangan.

Direktur Benih Hortikultura Kementerian Pertanian Inti Pertiwi Nashwari mengapresiasi capaian Kabupaten Kepahiang yang merespon sangat baik program PAT.

“Daerah Kepahiang tidak hanya melakukan hal-hal biasa saja, namun melakukan berbagai upaya, baik di lapangan bersama para penyuluh maupun melalui rapat koordinasi dan silaturahmi dengan pimpinan tertinggi Kabupaten untuk mendapatkan dukungan yang komprehensif,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Inti Pertiwi Nashwari juga memberikan bantuan benih hortikultura berupa cabai rawit, mentimun, terong dan tomat sebagai stimulus kepada petani di Kabupaten Kepahiang.

Sinergi Kementerian Pertanian dengan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Kepahiang akan terus diperkuat untuk meningkatkan luas perkebunan dan mewujudkan ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Sebagai informasi, Kabupaten Kepahiang yang dikenal sebagai penghasil utama produk hortikultura juga menjadi penyumbang luas perkebunan kopi terbesar di Provinsi Bengkulu.

Selain itu, kabupaten ini juga merupakan penghasil sayur mayur, buah-buahan, dan kopi yang juga berkontribusi besar dalam pencapaian target luas tanam padi melalui Program PAT Kementerian Pertanian untuk mencegah darurat pangan nasional. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *