Bea Cukai Menghadiri Festival Ekspor Jawa Timur 2024 demi Tujuan Penting Ini

saranginews.com, Surabaya – Bea dan Cukai aktif mendukung ekspor nasional melalui berbagai kegiatan.

Salah satu dukungannya adalah kehadiran Bea dan Cukai pada Festival Ekspor Jatim 2024 di Hotel Shangri-La, Surabaya pada Rabu (7/8).

Baca Juga: Selamat Datang di MV National Geographic Orion, Bea Cukai Belawan pastikan berikan pelayanan prima

Festival tersebut merupakan bentuk koordinasi antara Pemprov Jatim, Kementerian Keuangan, dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk meningkatkan ekspor.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Humas Kantor Wilayah (Kanwil) Bea dan Cukai Jawa Timur (Jatim) di Nangkok, P. Pasaribu mengatakan, pihaknya berperan aktif dalam festival tersebut bersama instansi lain dalam memberikan layanan dan informasi kepada Nikas. pelaku bisnis yang berorientasi.

Baca Juga: Bea Cukai Permudah Rokok Jember Mendunia Lewat Toko Bebas Bea

Festival Ekspor diawali dengan business matching 10 UMKM peserta festival.

Acara dilanjutkan dengan talkshow Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan dan LPEI dengan tema ‘Strategi Memperluas Pasar Ekspor’.

Baca Juga: Bea Cukai Sulsel Laksanakan Operasi Gamepur Sepanjang Juli 2024, Ini Hasilnya

Pada festival tersebut, Pj Gubernur Jatim turut hadir menyerahkan penghargaan kepada peserta kategori Desa Potensi Ekspor, kategori Badan dan Organisasi Pengembangan IKM Ekspor, dan kategori Perusahaan Penunjang IKM Ekspor.

“UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) binaan Bea Cukai Malang yaitu LKD BUMDesma Singosari juga mendapat penghargaan pada kategori Desa Potensi Ekspor,” kata Nangkok.

Festival Ekspor Jatim 2024 diakhiri dengan pelepasan lima truk muatan produk ekspor, yang rinciannya berupa tanaman anggrek dengan nilai ekspor USD 6.541 dengan tujuan Amerika Serikat oleh BUMDesma Singosari LKD; Produk coklat rempah dengan nilai ekspor USD 37.500 ke Jepang oleh Desa Devisa Kelompok Tani Mulyojati.

Disusul kerajinan rotan dengan nilai ekspor USD 16.200 ke Jepang oleh Koperasi Desa Devisa Griya Giri Sejahtera; Produk batubara cangkang dengan nilai ekspor USD 30 ribu ke Korea Selatan melalui hibah PT Aji Bakuh; dan Produk Biskuit Richwell oleh PT Satoria Agro Industry ke Thailand dengan nilai ekspor USD 8,247.20.

“Dengan diadakannya festival ekspor ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi antar instansi dan lembaga untuk mendukung produk lokal agar mampu bersaing di pasar internasional,” tutup Nangkok. (tandai/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *