PLN Indonesia Power Raih 3 Penghargaan di Ajang ESG Inititatives Award

saranginews.com, JAKARTA – PLN Indonesia Power (PLN IP) banyak melakukan inovasi dalam penerapan program Environmental, Sustainability and Governance (ESG) sejalan dengan kegiatan operasional pemenuhan kebutuhan listrik.

Upaya ini juga meraih kesuksesan dalam ESG Initiative Awards 2024.

BACA JUGA: PLN Indonesia Power menjadi perusahaan terbesar di dunia

Direktur Utama PLN Edwin Nugraha Putra menyatakan, dalam menjalankan kegiatan usahanya, PLN Indonesia Power mengedepankan keberlanjutan, lingkungan hidup, sosial dan tata kelola, sehingga memenuhi aspek keberlanjutan dan memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar operasi perusahaan. Kelompok Usaha Desain (UBP).

“Kami mengikuti prinsip-prinsip yang tertuang dalam pilar lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG), ketiga hal ini terus kami jadikan contoh,” kata Edwin.

BACA JUGA: Rayakan HUT RI, Nippon Cat 5.124 Kapal Nelayan di Seluruh Indonesia

Edwin menjelaskan, IP PLN mewujudkan ketiga prinsip tersebut melalui berbagai program antara lain pemanfaatan abu batubara atau abu tanah (FABA) dari industri ketenagalistrikan untuk bahan bangunan dan dijadikan pupuk bagi tanaman.

PLN Indonesia Power juga bekerja sama dengan masyarakat untuk berperan dalam produksi biomassa sebagai energi utama untuk menghasilkan pembangkit guna mengurangi penggunaan batubara pada pembangkit listrik (PLTU) melalui program pembakaran.

BACA JUGA: Indonesia akan menampilkan keindahan, budaya, dan inovasi di Expo 2025 Osaka

Menurut Edwin, melalui kedua program tersebut, PLN Indonesia Power dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi emisi dari sektor ketenagalistrikan. Hal ini sejalan dengan upaya transfer listrik untuk membantu pemerintah mencapai tujuannya mengurangi emisi gas rumah kaca pada tahun 2060 dan mengurangi pemanasan global yang mengancam kehidupan di bumi.

“Sebagai perusahaan listrik, PLN Indonesia Power terus berupaya menyediakan energi. Kita harus selalu mendukung upaya pemerintah untuk mencapai tujuan nol emisi pada tahun 2060,” ujarnya.

Atas komitmen perusahaan dalam menerapkan prinsip ESG dalam operasional bisnisnya, PLN IP mendapatkan 3 penghargaan pada ESG Initiative Awards 2024.

Ketiga penghargaan tersebut adalah Penghargaan Kepemimpinan Perubahan Iklim Terbaik dengan 36,35 poin dan 5 bintang emas, Kategori Penghargaan ESG Initiative of the Year dengan 35,2 poin, dan CEO PLN Indonesia Listrik Edwin Nugraha Putra meraih penghargaan sebagai CEO terbaik. inisiatif ESG dan partisipasi dalam energi hijau baru.

“Alhamdullilah saya mengapresiasi penghargaan ini, malam ini PLN Indonesia Power berhasil meraih 3 penghargaan dalam kategori berbeda, ini merupakan salah satu hasil komitmen kita bersama dalam mempercepat transisi energi melalui penyediaan EBT dan produk baru yang kita ciptakan untuk mengurangi emisi karbon.” ucap Edwin (chi/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *