HUT ke-79 RI, Pelindo Gelar Aksi Sosial dan Lingkungan 

saranginews.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo tengah melakukan aksi sosial dan lingkungan dalam rangka memperingati HUT RI ke-79.

Salah satu acara utamanya adalah bazar UKM yang hari ini berlangsung serentak di empat kota besar yakni Jakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar. 

BACA JUGA: Pelindo dorong pengembangan Mypes maritim melalui pengembangan wirausahawan besar maritim

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan, puluhan UKM dan usaha lokal binaan Pelindo mengikuti setiap bazar tersebut.

Ia juga menyelenggarakan program Kunjungan Pelabuhan Pelindo dengan melibatkan 400 anak sekolah dasar di empat kota tersebut. 

BACA JUGA: Bank Mandiri dan Pelindo perkuat kemitraan untuk menggenjot pembangunan infrastruktur

Tujuan dari program ini adalah untuk mengenalkan siswa pada dunia pelabuhan dan peran perusahaan milik negara dalam perekonomian nasional, serta skenario tindakan melawan pelecehan. 

Seperti halnya perusahaan negara yang kegiatan utamanya adalah pengelolaan pelabuhan, Pelindo selalu berkomitmen tidak hanya menjadi mesin penggerak perekonomian nasional, tetapi juga menjadi perusahaan yang membawa perubahan positif bagi lingkungan dan masyarakat, kata Arief, Sabtu (17./8).

BACA JUGA: PT Pelabuhan Indonesia kembali menyambut Pelindo Mengajar dan merayakan hari jadinya yang ketiga

Sebelumnya, Pelindo memberikan kelas berkendara aman dan memberikan layanan sepeda motor gratis untuk membantu K3 di pelabuhan. 

Acara ini diikuti oleh ojek online, ojek basic, dan ojek koperasi dari empat kota besar dengan jumlah pengemudi yang berpartisipasi sebanyak 316 orang, per kota sebanyak 79 orang. 

Pengemudi akan mendapatkan voucher layanan praktis senilai Rp300.000 yang dapat digunakan di bengkel yang ditunjuk oleh masing-masing kantor wilayah dan subholding Pelindo. 

Pemimpin rombongan Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Ardhy Wahyu Basuki menjelaskan, seluruh peserta diminta menandatangani pakta komitmen tertib lalu lintas yang akan dipasang di area umum kawasan pelabuhan. 

Tingkat pemahaman kemudian diukur menggunakan pre-test dan post-test untuk memastikan peserta memahami keselamatan berkendara.

Melanjutkan rangkaian HUT RI, lanjut Ardhy, Pelindo melakukan penanaman 7.900 pohon di berbagai wilayah Indonesia dengan melibatkan seluruh kantor wilayah dan anak perusahaan. 

Penanaman pohon serentak ini merupakan bagian dari upaya Pelindo dalam menurunkan emisi karbon dan menjaga lingkungan sekitar pelabuhan dengan konsep jalur hijau.

Kegiatan lainnya adalah lomba desain lingkungan sekitar pelabuhan bertema kemerdekaan dan pelabuhan yang diadakan di Medan, Jakarta, Surabaya dan Makassar. 

Program ini meliputi revitalisasi dan mempercantik kawasan pemukiman dengan dana hibah sebesar Rp5 juta yang diselenggarakan oleh masing-masing wilayah dan subdivisi. 

Dua pemenang per wilayah akan mendapatkan tambahan hibah sebesar Rp 25 juta atau total Rp 200 juta untuk mempercantik lingkungan di empat kota tersebut.

“Melalui berbagai program sosial ini kita merayakan semangat kemerdekaan yang tidak hanya dirasakan dalam perayaan, namun juga dalam tindakan nyata yang berdampak pada masyarakat dan lingkungan,” kata Ardhy. (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *