Pendaftaran PPPK 2024: Kabar Gembira untuk Honorer dari MenPANRB

saranginews.com – Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas memberi kabar gembira soal jadwal pendaftaran PPPK 2024 yang ditunggu-tunggu oleh jutaan pekerja honorer.

Menteri Anas mengatakan, dalam waktu dekat, pemerintah akan membuka perekrutan pegawai negeri dengan kontrak kerja (PPPK) untuk melengkapi regularisasi tenaga non-ASN atau honorer.

Baca Juga: Dirjen Nunuk Ungkap 5 Rekomendasi Tuntaskan Rekrutmen Guru PPPK P1, Bupati Tanggapi

Saat ini, kata Menteri Anas, proses peninjauan dan persetujuan usulan pembentukan PPPK 2024 masih berlangsung.

Jika proses verifikasi selesai, maka pengadaan PPPK 2024 akan segera diumumkan.

Baca Juga: Ada banyak formasi PPPK 2024 untuk penghargaan teknis di bidang ini

Dikutip dalam keterangan resmi humas kementerian, Menteri Azwar Anas mengatakan, “Rekrutmen PPPK akan dibuka secara bertahap untuk melanjutkan regularisasi tenaga non-ASN atau honorer pada tahun 2024 yang saat ini sedang dalam proses verifikasi dan persetujuan.” Reformasi administrasi dan birokrasi, Jumat (16/8).

“Rekrutmen PPPK akan segera kami umumkan setelah proses verifikasi dan persetujuan selesai,” tambah Anas.

Baca Juga: Pendaftaran PPPK 2024: Lebih Banyak Penerima Penghargaan yang Tak Tertampung

Sedangkan pendaftaran CPNS 2024 akan berlangsung mulai 20 Agustus hingga 6 September 2024. Setelah pendaftaran resmi dibuka, calon pelamar dapat mendaftar melalui https://sscasn.bkn.go.id. Pemerintah menyediakan 250.407 formasi CPNS.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, peluang menjadi PNS terbuka bagi putra-putri terbaik negeri.

Sebelum memulai pendaftaran, calon pelamar diimbau melakukan persiapan dengan memperhatikan syarat dan tata cara pendaftaran CPNS 2024.

“Tahun ini kami menyediakan 250.407 formasi bagi talenta-talenta muda lulusan universitas terbaik (lulusan baru). Formasi ini terbagi dalam 114.706 instansi pusat dan 135.701 instansi daerah,” kata Menteri Anas.

Anas mengimbau calon pelamar proaktif mencari informasi dari sumber terpercaya seperti website resmi dan media sosial terkait Kementerian PANRB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan lembaga negara yang menginisiasi rekrutmen CPNS.

PANRB dengan Keputusan Menteri PANRB no. 320 Tahun 2024 tentang Sistem Seleksi Pengadaan PNS Tahun 2024 dan KepmenPANRB No. 321/2024 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Utama Pengadaan PNS Tahun 2024.

Persyaratan Pengadaan Aparatur Sipil Negara Tahun 2024 terdiri atas persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Ada kebutuhan khusus bagi penyandang disabilitas, putra/putri Ayo Keras, Diaspora, Papua, putra/putri Kalimantan, serta putra/putri 3T (Daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal).

“Kami membuka lebih banyak peluang bagi freshgraduate dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena jumlah rekrutmen CPNS tahun ini relatif lebih banyak dibandingkan sebelumnya,” kata Anas.

Menteri Anas menegaskan, tentu tidak akan ada celah bagi terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan rekrutmen CPNS.

Seluruh tahapan seleksi CPNS mulai dari pendaftaran, seleksi kelulusan hingga penetapan oleh CAT terintegrasi dan terkomputerisasi.

“Langkah seleksi seperti ini mencegah terjadinya penipuan dan kesalahan dalam praktik broker. “Jadi tidak ada pihak yang bisa membantu kelulusan tanpa ikut serta sendiri,” kata Menteri Azwar Anas. (sam/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *