Polri Matangkan Persiapan Pengamanan Upacara HUT Kemerdekaan di IKN

saranginews.com, JAKARTA – Polri terus mempersiapkan pengamanan perayaan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN). Persiapan ini meliputi personel dan kendaraan yang akan menemani para tamu acara.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Polri Brigjen Tirunoido Wisnu Endiko mengatakan, operasi pengamanan tersebut dilakukan bekerja sama dengan TNI.

Baca Juga: KBRI Thailand Tawarkan Dukungan kepada Polisi Tim Taekwondo Garba Anti Huru-hara

Pada Selasa (13/8) di Jakarta, Tronoido mengatakan, “Persiapan dan penyiapan personel Polda Kaltim yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan VIP dan VVIP bekerjasama dengan Kodam 6 Malavarman.”

Polda Kaltim dan jajarannya memiliki sekitar 1.013 personel yang terbagi dalam 7 satgas, Polres Balikpan dan Polsek PPU untuk melaksanakan kegiatan perlindungan VIP dan VIP secara rutin dan ditingkatkan, kata Trunodu

Baca Juga: Penyisiran Polari-KKB TNI Dilakukan di Distrik Allama

Dikatakannya, “Pelaksana operasi pengamanan VIPP adalah Kodam Mo Malavarman dan Panglima TNI sebagai Komandan Satgas Keamanan Daerah. Kemudian Kapolda Kaltim sebagai Wakil Komandan Satgas.

Trunoido menambahkan, keselamatan tidak hanya dilakukan terhadap para tamu, namun upaya juga dilakukan untuk mencegah dan mengurangi bencana alam.

Baca Juga: Pakar Psikologi Forensik Veena Sarankan Polisi Soal Kasus Sirban

Sementara untuk jalur menuju IKN, jelasnya, pihaknya mengerahkan personel dan menyiapkan pos pemeriksaan di persimpangan jalan yang memiliki kemungkinan bahaya atau lalu lintas.

Dikatakannya, “Aparat melakukan kegiatan rekayasa lalu lintas sehingga diharapkan para tamu undangan atau tamu VIP dan tamu undangan lainnya tidak mengalami hambatan dalam mencapai fungsinya yaitu ibu kota.

Untuk menjaga keamanan lalu lintas, Polri mengerahkan 898 personel untuk pengamanan, jalur lalu lintas, dan parkir.

Selain itu, terdapat 87 kendaraan roda empat dan 31 kendaraan roda dua yang juga siap dijaga dan dikawal.

Ia mengatakan, “Baik kendaraan baik roda dua maupun roda empat dalam kondisi baik dan siap digunakan.

Satgas Pamwalolaki juga telah melakukan berbagai simulasi untuk memastikan kesiapannya mengamankan peristiwa besar-besaran tersebut.

Ditambahkannya, “Beberapa simulasi telah dilakukan untuk pengamanan baik pengawalan maupun jalur. Kami juga sudah berlatih beberapa waktu lalu, di hari apa kami akan siap mengamankan peristiwa luar biasa ini.”

Trunoido mengatakan Polri juga mendukung perlindungan dan stabilitas perkembangan IKN melalui seluruh operasi kepolisian dan kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan terkait demi stabilisasi keamanan dan terjalinnya ketertiban umum. (cuy/jpnn)

Baca Artikel AD Lainnya… Berescream Polri Kunjungi Lapas Jelly Kong Bandang, Periksa 2 Terpidana Kasus Vena Saraban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *