Menteri LHK Ungkap Pentingnya Sustainabilitas di Pembukaan Festival LIKE 2

saranginews.com, JAKARTA – Festival Lingkungan Hidup, Iklim, Kehutanan dan Energi Baru Terbarukan atau LIKE 2 Festival resmi dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya Bakar JCC Senayan, Jakarta.

Event ini akan berlangsung mulai tanggal 8 Agustus 2025 hingga 11 Agustus 2024.

BACA JUGA: SEPERTI 2 Mokete, Menteri LHK: Penerapan Hutan Kemasyarakatan Capai 8,018 Juta Hektare

Sebelum peresmian tersebut, Kementerian LHK mengadakan pre-event berupa pidato “Green Talk” oleh Eselon 16 1 Kementerian LHK yang dimulai pada bulan Juni 2024.

Dalam laporannya, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup KLHK Sigit Reliantoro menyampaikan, ada rangkaian kegiatan berupa pameran dialog tentang kerja KLHK, akses terhadap teknologi terkait iklim pada 53 konferensi, pemberian penghargaan kepada 82 orang dari kalangan akademisi, media, masyarakat, pemerintah daerah dan dunia usaha bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta pameran 57 stan dari departemen pemerintah, internasional organisasi. , departemen, lembaga dan masyarakat daerah.

BACA LEBIH LANJUT: Festival LIKE KLHK akan menampilkan inovasi teknologi ramah iklim

Selain itu juga ada lomba generasi muda, lomba menulis yang diikuti 2.090 peserta dari 605 sekolah se-Indonesia, lomba video lingkungan hidup dan gagasan lingkungan hidup yang diikuti 843 peserta dari 214 SMA sederajat, lingkungan hidup bahasa Indonesia. diskusi. untuk siswa SMA dan sederajat sebanyak 1.176 peserta dari 336 sekolah, bahasa Inggris tingkat SMA sebanyak 784 peserta dari 498 sekolah, lingkungan wawancara bahasa Inggris sebanyak 309 siswa dari 48 perguruan tinggi.

“Kami juga memberikan layanan konsultasi pelayanan publik KLHK, ada 26 jenis layanan yang akan melayani masyarakat pada tahun 2020 untuk konsultasi. Kami juga mengumpulkan masyarakat untuk jalan jalan dan I Like Walk yang pesertanya 5.000 orang, dan I Like Gowes dengan 5.050 peserta, dan Fun Riding menggunakan kendaraan berbahan bakar bensin ke listrik sebanyak 297 peserta,” kata Sigit, Kamis (Kamis).

BACA UTAMA: Kapolres Jember Marah, 5 Anggota Diserang Militan PSHT, Aipda Parmanto Luka Berat

Untuk memfasilitasi pemulihan lingkungan dan kegiatan ekonomi sirkular, Presiden akan memberikan akses layanan keuangan masyarakat pada hari kedua, yang diharapkan mampu memperkuat masyarakat dan menciptakan kerjasama yang lebih besar dan masyarakat yang berkelanjutan.

Dana masyarakat dikelola oleh Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) yang dapat diakses melalui website BPDLH untuk permohonan.

Kepala BPDLH Damayanthi Rathunanda mengatakan, dana tersebut ditujukan untuk masyarakat yang telah memiliki program lingkungan hidup atau berinisiatif membentuk kelompok sadar lingkungan, antara lain pengadopsi kalpataru, pemimpin hijau, sekolah adivya, dan sekolah ramah lingkungan.

“Layanan Pembiayaan Lingkungan Hidup Publik bertujuan untuk memberikan kemudahan akses pembiayaan kepada masyarakat untuk berkontribusi terhadap target Indonesia dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Juga menciptakan lingkungan hidup yang bersih, berkelanjutan, sehat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Mengangkat tema ’10 tahun kerja untuk keberlanjutan’, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan pentingnya keberlanjutan adalah menyelamatkan lingkungan.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah menggunakan kegiatan dan strategi untuk meningkatkan kinerja lapangan atau tindakan perbaikan. Hal ini dilakukan dengan memecahkan masalah dengan cara-cara baru atau melakukan inovasi untuk memecahkan masalah baru dan meningkatkan kinerja.

“Kesinambungan dan konsistensi seperti ini sangat penting dalam upaya kita untuk percaya pada masyarakat, percaya pada masyarakat Indonesia dan percaya pada dunia internasional tentang isu-isu global terkait kondisi lingkungan dan keadaan. Festival LIKE 2 juga ditujukan untuk COP 29 di Azerbaijan yang akan dilaksanakan pada bulan November, dan demi pengembangan masyarakat dan hubungan,” kata Siti.

Pemerintah kota juga mengucapkan terima kasih kepada media atas kerja samanya dalam menyelenggarakan festival LIKE 2.

Ia mengatakan, kerja sama ini sudah berlangsung sejak tahun 2015.

“Kami sangat berterima kasih atas kemitraan ini,” katanya. (kanan/JPNN)

BACA ARTIKEL LAGI… Pemerintah Siapkan Kuota 40k CPNS 5% Masuk IKN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *