Pemprov Sultra Terima Penghargaan Universal Health Coverage Award 2024

saranginews.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) yang dipimpin Pj Gubernur Andap Budhi Revianto berhasil meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) pada kategori “Utama”.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, pada UHC Awards Ceremony yang digelar di Krakatau Grand Ballroom, TMII Jakarta di Jakarta pada Kamis (8/8).

Baca juga: Nana Sudjana dan Andap Budhi Jadi Wakil Gubernur. Bang Edi : Kemampuan kalian tidak perlu diragukan lagi.

Pemerintah provinsi dan seluruh jajaran, dinas kesehatan, BPJS Kesehatan, pemangku kepentingan dan pemangku kepentingan di 17 kabupaten/kota di Sultra diapresiasi karena berhasil mencapai cakupan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 100%. .

“Penghargaan UHC ini merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat atas upaya pemerintah daerah dalam memastikan cakupan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melebihi target RPJMN sebesar 95%,” kata Menko PMK. pidato.

BACA JUGA: Ini Alasan Presiden melantik Nana Sudjana dan Andap Budi sebagai Pj Gubernur, Menurut Lemkapi.

“Selamat kepada para pemenang UHC Award 2024. Tentunya keberhasilan ini menjadi acuan bagi daerah lain yang ingin menerapkan UHC. Pemerintah daerah penerima penghargaan ini akan semakin meningkatkan partisipasinya hingga akhirnya UHC diterapkan pada tahun 2024.” ” Seluruh wilayah Indonesia, ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan UHC kategori utama kepada pemerintah daerah terpilih.

BACA JUGA: Komjen Andap mengatakan ada 18 calon yang mengikuti seleksi kualifikasi lapangan Direktur Departemen Imigrasi.

Dalam sambutannya, Wapres mengatakan, penghargaan UHC ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas upaya pemerintah daerah dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Kami berharap penghargaan ini dapat memotivasi semua pihak untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Wapres mengapresiasi langkah pemerintah daerah untuk memastikan seluruh masyarakat mempunyai akses terhadap layanan kesehatan yang memadai.

“Kami sangat mengapresiasi upaya pemerintah daerah dalam memperluas cakupan peserta JKN melebihi target yang telah ditetapkan,” ujarnya seraya menambahkan, “Ini merupakan bukti nyata dedikasi dan kerja keras yang patut diteladani.”

Di bawah arahannya, Maruf mendorong perluasan cakupan kesehatan hingga 100% dengan melibatkan tokoh masyarakat dan menggunakan pendekatan dan solusi yang efektif bagi mereka yang tidak memenuhi kewajiban iurannya.

“Pastikan praktik layanan kesehatan dipantau dan dievaluasi untuk memastikan kesinambungan dan peningkatan kualitas layanan,” ujarnya.

“Kami mendorong pembayaran sumbangan bantuan tepat waktu, sehingga saudara-saudara kita yang membutuhkan dapat merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Perlu diketahui, meski Sultra mendapat penghargaan UHC pada tahun 2023, namun belum masuk dalam kategori utama.

Terakhir pada tahun 2024, Sultra berhasil masuk kategori utama; Kisaran peserta mencapai 2.849.818 orang atau 100% per 1 Agustus, melebihi target RPJMN sebesar 95%.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto menyampaikan rasa syukur dan bangga atas penghargaan yang diterimanya.

“Alhamdulillah Sultra kembali meraih prestasi. Penghargaan ini merupakan hasil kerja sama yang baik antara pemerintah provinsi/kabupaten/kota dengan BPJS Kesehatan cabang Sultra,” kata Andap.

Andap mengatakan, mulai saat ini pemerintah daerah dan seluruh pihak terkait akan bekerja sama untuk memastikan masyarakat memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang adil dan berkualitas.

“Tidak masuk akal jika masyarakat tidak mendapatkan akses layanan kesehatan yang mudah, cepat, dan merata, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan maupun yang tinggal di daerah 3T (rentan, terluar, dan terpencil),” kata Andap. (cuy/jpnn)

Baca Artikel Lainnya… Top 5 Berita: Majikan Ditangkap, Kebohongan Indra Kenz Terbongkar. Apakah Komjen Andap bisa membantu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *