Barito Pacific, Perusahaan Bahan Kimia Terdepan yang Usung Keberlanjutan

saranginews.com, Jakarta – PT Barito Pacific Tbk, Jakarta, dianugerahi penghargaan sebagai perusahaan paling berkelanjutan di sektor kimia pada rangkaian Sustainability Action for Future Economy (SAFE) 2024 yang diadakan di Grand Ballroom Hotel Kempinski. (7/8).

Angeline Sumendap, Head of Corporate Communications, Barito Pacific, mengatakan penghargaan ini memperkuat komitmen perusahaan dalam mengembangkan bisnis ramah lingkungan.

Baca Juga: Pertamina Raih Penghargaan Inovasi Bisnis 2024, Kalahkan Ratusan Perusahaan di ASEAN

Selain itu, ada kebutuhan untuk menghasilkan gas karbon dioksida.

“Industri, khususnya sektor petrokimia, harus segera menerapkan prinsip keberlanjutan dalam operasionalnya. Dengan adanya penghargaan ini, Barrito Pacific semakin yakin akan mengambil langkah tepat dan mempercepat inisiatif keberlanjutannya. 9/8).

Baca Juga: Festival Burtutur Indonesia 2024 Dibuka, Pengingat Keadilan Alam dan Kelestarian Budaya

Barito Pacific telah menorehkan berbagai prestasi dengan berinvestasi pada energi terbarukan; Angelin menjelaskan penerapan teknologi bersih dan peningkatan efisiensi energi selalu dilakukan secara konsisten.

KESGI mencatat Barito Pacific menghasilkan energi terbarukan sebesar 7.075 GWh dan uap sebesar 14.652 ton.

Baca Juga: Unilever memanfaatkan penggunaan plastik untuk mendukung keberlanjutan

Selain itu, perusahaan memanfaatkan sampah plastik sebagai campuran aspal.

Jalan aspal plastik yang dikembangkan sepanjang 2018-2023 mencapai 120,8 km melampaui target awal 100 km.

Di bidang sosial Barito Pacific dan All Children berkomitmen terhadap kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR) berkelanjutan melalui Yayasan Bakti Barito (Bakti Barito).

“Bakti Barrito Institute adalah jalan bagi perusahaan dan seluruh anak perusahaannya,” kata Angelin.

Pendidikan di Bakti Barito; Lingkungan hidup merupakan empat pilar utama perekonomian dan masyarakat.

Dari sisi tata kelola, Barrito Pacific mengedepankan rasio gender di perusahaannya. Pada tahun 2023, 16,5 persen dari 3.344 angkatan kerja adalah perempuan.

KESGI merupakan penilaian independen yang dilakukan Katadata Insight Center untuk menilai kinerja keberlanjutan perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penilaian tahun ini, yang sebelumnya dikenal sebagai Catadata Corporate Sustainability Index, merupakan penilaian ketiga.

Penghargaan tersebut diserahkan pada forum tahunan Sustainability Action for the Future Economy (SAFE) yang diselenggarakan oleh Katadata Indonesia mulai tahun 2020.

SAFE membahas permasalahan dan solusi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Berdasarkan pemetaan kinerja keberlanjutan perusahaan oleh Catadata ESG Index (KESGI), Barito Pacific Group memperoleh skor 67,58 untuk penilaian keseluruhan aspek peringkat lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Barrito Pacific menduduki peringkat 1 dari 17 perusahaan yang dinilai oleh KESGI.

Penghargaan ini menjadikan Barito Pacific sebagai pemimpin dalam bidang keberlanjutan di antara perusahaan sektor kimia lainnya. (mcr10/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *