Kemendikburistek Sebut Trakindo Innovakids 2024 Bisa Cetak Karakter Anak Lebih Baik

saranginews.com, JAKARTA – PT Trakindo Utama (Trakindo) menghadirkan program Trakindo Innovakids 2024 untuk memenuhi misi perusahaan dalam meningkatkan pendidikan.

Menurut Julia Yasmina, CEO Trakindo, program ini merupakan puncak dari inisiatif transformasi pendidikan Trakindo mulai tahun 2021 yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dan guru dalam berinovasi.

BACA SEMUA: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan hasil pendidikan vokasi empat tahun terakhir

Selain itu, program ini bertujuan untuk mendiseminasikan praktik-praktik baik, serta menerapkan budaya inovatif dan memperkuat pendidikan karakter, kecakapan hidup, dan budaya inovatif.

“Melalui kegiatan Trakindo Innovakids, kami bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengeksplorasi minatnya guna menemukan cara baru dalam belajar dan memecahkan masalah,” kata Julia Yasmina dalam siaran pers, Jumat (9/8).

BACA LEBIH BANYAK: Trakindo Fokus Transformasi Digital Melawan Era Disrupsi

Ia juga menambahkan bahwa program tersebut dapat menciptakan ruang kreativitas yang menjamin generasi penerus siap menghadapi tantangan masa depan.

“Kami ingin menciptakan lingkungan yang menumbuhkan inovasi dan kreativitas anak sejak dini,” jelas Julia.

BACA LEBIH LANJUT: Tingkatkan Produktivitas Pelanggan, Trakindo Perkenalkan Teknologi Canggih Ini

Di tahun ketiga penyelenggaraannya, Trakindo Innovakids tetap konsisten memberikan dukungan kepada mahasiswa.

Mereka akan fokus pada permasalahan dunia nyata dan mendorong pemikiran kritis dalam menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengembangkan produk inovatif menggunakan pendekatan CBL.

Tak hanya pendidikan, Trakindo Innovakids juga menjadi kompetisi pelajar dan bermitra dengan produk-produk terbaik program GENERASI di tingkat sekolah dasar dan menengah.

Di tingkat dasar, siswa fokus pada tema Sekolah Aman Bencana yang mencakup 20 sekolah dasar sasaran di Indonesia.

Inovasi dari program ini dikembangkan menjadi 10 bentuk inovasi kecil untuk membantu siswa lebih memahami pengurangan bencana, kesiapsiagaan dan respon di lingkungan sekolah.

Sedangkan untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), tahun ini Trakindo Innovakids fokus pada proyek kesehatan sekolah dan mampu memberikan diskon kepada 10 sekolah mitra, 27 sekolah binaan, 250 guru mitra, dan 84 guru binaan.

Beberapa inovasi telah dikembangkan, antara lain sabun alami, teh herbal, kertas lakmus, katalis minyak atsiri, pemanfaatan daun kering untuk mengobati berbagai penyakit, bahkan kompos.

Plt. Direktur Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Saya Nayoman Rudy Kurniawan, M.D. Saya berterima kasih kepada Trakindo atas implementasi Innovakids dan komitmen Trakindo dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

“Saya sangat senang Trakindo InnovaKids berbasis pada penciptaan proyek-proyek inovatif yang pada akhirnya akan berdampak pada karakter anak-anak kita menjadi lebih baik,” kata Nayoman.

“Apa yang dilakukan Trakindo sesuai dengan kurikulum mandiri dan kami mengapresiasinya,” ujarnya.

Program Trakindo Innovakids juga mendapat tanggapan positif dari Ida Ngura, Humanitarian and Sustainability Program Manager Plan Indonesia yang juga menjadi salah satu juri.

“Saya menyambut baik program Trakindo Innovakids yang dapat memotivasi anak-anak untuk mewujudkan ide menjadi produk nyata dan bermanfaat,” kata Ida.

Setelah lolos evaluasi putaran pertama, ketiga grand finalis terpilih SD mitra, SMP mitra, dan sekolah impact bertemu secara online untuk menjelaskan inovasi pada babak final dengan mempertimbangkan berbagai faktor penilaian, estetika, fungsi, tingkat inovasi, dampak dan konten presentasi, serta penyampaian materi, aspek kreatif, seperti manfaat produk inovatif.

Terakhir, dewan juri menentukan pemenang masing-masing kategori, diantaranya di tingkat SD Mitra Juara 1 – SDN 46 Kakranegara Mataram, Juara 2 – SDN Inpres Ujuna Palu, dan Juara 3 – SDN 060931 Medan.

Sedangkan pada kategori SMPN Mitra, Juara 1 SMPN 2 Dumai, Juara 2 SMPN 7 Balikpapan, Juara 3 SMPN 11 Samarinda, dan kategori Best Impact School adalah SDN 03 Kota Bengkulu. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL SELENGKAPNYA… Trakindo Dinobatkan Sebagai Perusahaan Teratas Karena Loyalitas Karyawannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *