Sukses Pasang Solar Panel ke-24 di Sorong, FIFGROUP Implementasikan Komitmen Keberlanjutan

saranginews.com, Sorong – PT Federal International Finance (FIFGROUP) melanjutkan komitmennya terhadap keberlanjutan perusahaan dengan meresmikan instalasi panel surya yang ke-24 di kantor cabang FIFGROUP di Sorong, Papua Barat.

Pemasangan panel surya berkapasitas 10,8 KwP ini dilakukan oleh FIFGROUP, anak perusahaan PT Astra International Tbk dan merupakan bagian dari upaya Astra Finance dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan transisi menuju energi ramah lingkungan.

Baca Juga: Luar Biasa! Peningkatan omzet UMKM FIFGROUP sebesar 58,42% pada FIFGROUP Street Food Festival 2024.

FIFGROUP bertujuan untuk memasang lebih banyak panel surya di 12 lokasi cabang pada tahun 2024 dan cabang Sorong akan menjadi cabang keenam.

Sebelumnya, lima unit dipasang di FIFGROUP cabang Serang, Sikarang, Palangkaraya, Palu, dan Lampang.

Baca Juga: Di HUT ke-35, FIFGROUP Tingkatkan Kesadaran Keselamatan Berkendara dengan Cara yang Menyenangkan

Rencananya, setelah pelaksanaan proyek pemasangan panel surya FIFGROUP 2024 akan dilaksanakan di cabang Pontianak 1, Batam 1, Pangkal Pinang, Surabaya 1, Jatiung dan Pondok Gede.

Kegiatan ini menyusul pemasangan panel surya di 10 kantor cabang pada tahun 2023, disusul 7 cabang pada tahun 2022, dan 1 cabang pada tahun 2019.

Baca Juga: Dukung perlindungan lingkungan, FIFGROUP luncurkan kampanye #SatuNafas di IMOS+ 2023.

Total hingga 8 Agustus 2024, sudah ada 24 panel surya yang diresmikan FIFGROUP di Indonesia.

Acara pembukaan dihadiri oleh direksi FIFGROUP yaitu Esther Sri Harjati dan Valentina Wai, Julius Jansen, Head of Network and Warehouse Management, Theresa Muliani, Head of General Support, Safety and Administration, Building, Safety, Health, Environment, and Society. Tanggung Jawab (EHSSR) dan Kepala Manajemen Keberlanjutan Charles DW Cimmermer.

Esther dalam sambutannya menyampaikan harapan manajemen perusahaan agar seluruh jajaran FIFGROUP Sorong dapat berperan aktif dalam pemeliharaan dan pemeliharaan panel surya.

Panel surya merupakan salah satu karya praktis FIFGROUP bagi Bumi untuk menghemat energi dan memilih sumber daya yang ramah lingkungan.

Untuk itu manajemen berharap seluruh karyawan dapat merawat peralatan panel surya sebagai sarana penerapan keberlanjutan.

Tingkat sinar matahari yang tinggi menjadi salah satu alasan FIFGROUP memilih kantor cabang Sorong untuk memasang panel surya di kota yang terletak di bagian barat Pulau Papua ini.

Berdasarkan data Global Horizontal Irradiation (GHI), Sorong mencatat intensitas radiasi matahari sebesar 1.791,4 KWh/m2, dengan intensitas radiasi tertinggi di wilayah selatan Indonesia. . )

Pada tahun 2023, FIFGROUP memasang 10 panel surya di cabang Medan, Denpasar, Paiknbaru, Rangkut, Makassar, Palembang, Jaipura, Mataram, Karwang dan Balikpapan.

Tahun ini perseroan berkomitmen memasang panel surya di 12 kantor cabang

Esther menambahkan, pemasangan panel surya ini juga sejalan dengan implementasi program keberlanjutan lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) yang dilakukan FIFGROUP.

Esther menambahkan: “Jadi setiap individu dan kelompok perlu berperan aktif dalam mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.

FIFGROUP berharap melalui pemasangan panel surya yang berkelanjutan di banyak lokasi cabangnya di seluruh Indonesia, dapat menjadi langkah maju yang besar dalam memberikan dampak positif terhadap lingkungan bumi dan kehidupan generasi mendatang.

Dalam kesempatan tersebut Esther juga memberikan informasi mengenai kompetisi staf internal yang bertajuk FIFGROUP 2024 Sustainable Development Awards.

Beliau mengajak seluruh karyawan FIFGROUP untuk berpartisipasi, baik dengan meraih indeks keberlanjutan cabang pada sub program Sustainability Index Award atau dengan memberikan kontribusi bagi kemaslahatan dan keberlanjutan perusahaan melalui ide-ide misi keberlanjutan yang inovatif pada sub-program Ide Inovasi Berkelanjutan. Lingkungan Pembangunan, Masyarakat dan Keamanan

Perusahaan yang berpusat di Jakarta Selatan ini juga terus berkomitmen melaksanakan program kampanye #CAR (Aksi Penciptaan, Selamatkan Bumi) dengan mewujudkan aksi korporasi nyata yang berfokus pada kesadaran karyawan untuk mencapai tujuan keberlanjutan pada tahun 2030.

Dalam kampanye ini, FIFGROUP dibagi menjadi 3 langkah: #CAREforWaste

FIFGROUP mendorong karyawannya untuk bijak dalam konsumsi air, mengurangi penggunaan kertas berlebihan dan penggunaan botol plastik di area kantor.

Kemudian melalui #CAREfoPeople, FIFGROUP berupaya menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan inklusif melalui program rekrutmen karyawan penyandang disabilitas dan program tes keselamatan berkendara untuk meningkatkan pengetahuan karyawan dalam berkendara yang aman.

Untuk program #CAREforGreenLiving, FIFGROUP secara aktif menciptakan kehidupan berkelanjutan melalui program yang mendorong karyawan untuk melakukan penghematan listrik, khususnya alat pendingin ruangan (AC) sebagai salah satu penyebab konsumsi listrik yang berlebihan.

Program tersebut akan ditingkatkan oleh perusahaan agar tindakan berkelanjutan di masa depan tidak hanya dilakukan oleh perusahaan saja, namun juga dimulai dari hal-hal kecil yang dapat dilakukan oleh seluruh karyawan perusahaan sehingga dapat membantu masyarakat merasakan dampaknya. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *