7 Khasiat Makan Telur Setiap Hari, Bikin Deretan Penyakit Ini Ogah Mendekat

saranginews.com, Jakarta – Telur merupakan makanan yang memiliki manfaat khusus bagi tubuh.

Putih telur dan kuning telur kaya akan nutrisi. Kuning telur mengandung vitamin yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A, D dan E serta asam lemak esensial omega-3, sedangkan sebagian besar protein ditemukan dalam putih telur.

Baca selengkapnya: 5 Manfaat Putih Telur

Telur adalah bahan penting dan serbaguna. Tata rias khusus mereka adalah kunci dari banyak hal kuliner penting termasuk penjilidan, piring dan piring, serta pembuatan struktur dan tekstur roti dan manisan.

Jenis telurnya banyak, terutama ayam, sedangkan makanan lainnya antara lain bebek, angsa, dan burung puyuh.

Baca selengkapnya: 9 Manfaat Ubi Jalar, Cegah Serangan Penyakit Ini

Telur rata-rata (53g) mengandung 7g protein lengkap, ‘protein lengkap’ berarti telur mengandung 9 asam amino esensial yang kita butuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan dan perbaikan.

Sebagian besar makanan nabati, seperti biji-bijian, polong-polongan, dan kacang-kacangan merupakan protein tidak lengkap karena kekurangan satu atau lebih asam amino esensial yang kita butuhkan.

Baca Juga: Inilah Manfaat Telur yang Perlu Anda Ketahui

Hal ini, ditambah dengan fakta bahwa telur merupakan sumber vitamin B12, zat besi, dan asam lemak esensial omega-3 yang baik, menjadikan telur sebagai tambahan yang berharga untuk pola makan vegetarian.

Berikut penjabarannya seperti yang dilansir dari laman Bbcgoodfood.com.1. Makan banyak makanan

Semua telur kaya akan nutrisi, menyediakan hampir semua nutrisi yang Anda butuhkan.

Telur memiliki energi paling rendah untuk sumber energi makanan dan kaya akan vitamin langka seperti vitamin D dan B12 serta mineral.

Jika Anda memilih vaksin dengan asam lemak omega-3, Anda akan mendapat manfaat dari asam lemak omega-3 tingkat tinggi serta vitamin seperti vitamin A dan E.2. Sumber protein

Menjadi ‘protein lengkap’ berarti telur mengandung 9 asam amino esensial yang kita perlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan perbaikan.

Hal ini penting karena tubuh kita tidak dapat memproduksi asam amino dan harus mendapatkannya dari makanan.

Selain itu, protein telur dikenal mudah dicerna, dan merupakan sumber protein yang baik untuk steak daging sapi dan produk susu sejenisnya

Telur adalah salah satu sumber kolin terbaik. Nutrisi yang jarang disebutkan ini dibutuhkan oleh kita semua untuk membangun membran sel dan fungsi otak, termasuk memori.

Hal ini sangat penting terutama selama kehamilan dan menyusui, ketika kecukupan kolin sangat penting untuk perkembangan otak 4. Mendukung kesehatan jantung

Telur kaya akan banyak nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, termasuk betaine dan kolin.

Sebuah penelitian terhadap hampir setengah juta orang di Tiongkok menunjukkan bahwa makan telur sehari dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, meskipun para ahli mengatakan bahwa telur harus dimakan sebagai bagian dari pola makan sehat karena salah satu manfaatnya 5. Meningkatkan kesehatan mata

Seiring bertambahnya usia, penglihatan kita biasanya mulai memburuk.

Namun, ada banyak nutrisi yang bermanfaat melalui pola makan sehat, yang dapat membantu melindungi dan mendukung mata.

Telur salah satu contohnya: telur kaya akan karoten, terutama lutein dan zeaxanthin yang penting dalam mencegah degenerasi makula dan katarak.

Telur juga merupakan salah satu vitamin A yang penting untuk mata 6. mencegah sarcopenia

Karena sangat mudah dicerna, protein telur terbukti meningkatkan kesehatan otot dan mencegah pengecilan otot, suatu kondisi yang dikenal sebagai sarcopenia.

Otot rangka berperan penting dalam kesehatan secara keseluruhan, menjaga fungsi dan keseimbangan tubuh, meningkatkan sensitivitas insulin serta mengurangi risiko osteoporosis dan penyakit jantung

Telur mengandung banyak nutrisi penting, zat aktif biologis dan protein yang baik.

Penelitian menunjukkan bahwa bila dikombinasikan dengan produk susu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi (fny/jpnn).

Baca artikel lainnya… 5 manfaat pepaya, cegah penyakit ini menyerang pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *