Sinergi PNM dan ANTAM Dorong Peternak Sapi Lokal Tingkatkan Kualitas dan Suplai Susu

saranginews.com, Bandung – Permintaan susu dalam negeri diperkirakan akan meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan tingkat kesadaran gizi masyarakat. 

Sementara persentase produksi susu lokal hanya 30% dari konsumsi susu nasional.

Baca Juga: 10 Sapi Mati di Semarang, Lima di antaranya Tidak Wajar

Potensi tersebut mendorong PNM dan ANTAM untuk mengintegrasikan program peningkatan produktivitas dan peternakan sapi perah masyarakat di Bandung Barat.

Salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dijalankan ANTAM adalah melalui Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) yang memberikan peluang untuk membangun.

Baca Juga: Menjaga Ketahanan Pangan Indonesia dengan Mengizinkan Peternak Sapi Perah Lokal

Merupakan program yang dikemas dengan pelatihan yang dapat meningkatkan kualitas teknisi profesional dan menjaga kualitas proses produksi susu dan pengolahan produknya.

ANTAM bersama PNM telah membantu membayar jasa mitra besarnya dengan baik.

Baca Juga: Semi-Fine Dining Steakhouse di Bintaro Tawarkan Daging Sapi Lokal Setara Wagyu

Melalui cabang Cimahi, PNM menjadi pihak yang memberikan pelatihan peningkatan kapasitas bagi Klaster Usaha Peternakan Sapi Perah Cipusing Mandiri dan Sugih Mukti yang bermitra dengan PT ANTAM di Cimahi Utara.

Direktur Operasional PNM Sunar Basuki menyambut baik kerjasama tersebut dan menyatakan kesediaan PNM untuk memberikan berbagai pelatihan kepada para pelaku usaha UMK guna meningkatkan nilai tambah dan pengetahuan klaster usaha perah sapi sehingga dapat membantu tenaga produksi susu lokal di bidangnya. wilayah.

“Kita perlu meningkatkan kualitas produksi dan kapasitas para penggembala lokal, agar konsumsi susu lokal semakin meningkat, sehingga sapi lokal dapat berperan lebih besar di masa depan dan memenuhi kebutuhan konsumsi susu nasional,” jelasnya. Sunar

Antham mendorong karyawannya untuk produktif dan terus mengembangkan potensi bisnisnya.

Implementasi proyek pendidikan ini dilakukan dengan menyediakan kapasitas dan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan peternak sapi perah.

Dinas Peternakan Kabupaten Bandung Barat Aryani Vidyawati mengapresiasi kerja sama antara PNM dan ANTAM ini. 

Departemen ikut mengajarkan metode menghasilkan susu hewan yang baik dan sehat serta pengendalian mutu susu sapi, sehingga dapat dimanfaatkan oleh industri pengolahan susu. (flo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *