UMKM Mendunia Bakal Jadi Kado HUT Ke-79 RI

saranginews.com, Jakarta – Cahaya Ladara Nusantara (CLN) merayakan HUT Republik Indonesia ke-79 dengan menggelar kegiatan untuk mendukung dan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

General Manager CLN Nani Hadi Tujanto mengatakan, posisi UMKM Indonesia di tingkat internasional penting.

Baca Juga: Lewat SMEs HUB di KTT ASEAN 2023, Eric Toher dorong UMKM go global

Nani dalam keterangannya, Selasa (6/8), mengatakan, “Keberadaan UMKM harus memberikan dampak multilateral bagi kesejahteraan umum dan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui pemberdayaan dan pendampingan, serta terciptanya perekonomian yang berkelanjutan. ekosistem. yang harus dilakukan.”

Nani mengatakan CLN merupakan asosiasi yang didedikasikan untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Baca Juga: Melalui Program Layanan Konsultasi, LPEI menjembatani UMKM secara global

Selain itu, kata Nani, seluruh UMKM harus diberi kesempatan untuk tumbuh dan berkontribusi terhadap perekonomian negara.

CLN akan memfasilitasi akses UMKM terhadap sumber daya keuangan yang diperlukan untuk mempersiapkan produksi dan distribusi barang ekspor.

Baca Juga: Dukungan Imigrasi Indonesia Bawa UMKM Mendunia

“Dengan demikian, UMKM dapat bertransformasi bisnisnya melalui platform digital,” kata Nani.

CLN juga akan memfasilitasi kolaborasi antara UMKM dan pemangku kepentingan lainnya, seperti otoritas, korporasi, lembaga keuangan, dan sektor swasta.

“Hal ini untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan UMKM secara keseluruhan,” tambah Norhayani Afriansha Nor, presiden CLN, yang juga anggota Organisasi Pengembangan Solidaritas Kabinet Indonesia (OASE KIM).

CLN akan memberikan fasilitas sertifikasi dan standardisasi untuk memenuhi persyaratan sertifikasi dan standar internasional yang diharapkan dapat memasuki pasar ekspor. (jlo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *