Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK Sudah Dibuka? Honorer kok Bisa Bikin Akun SSCASN

saranginews.com – Jakarta – Kalangan kehormatan heboh dengan hadirnya link pembuatan akun SSCASN.

Tautannya https://register-pbpbd-sscasn.bkn.go.id/akun dan sudah banyak dibuka oleh para honorer. 

Baca juga: Jelang Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024, Panitia Badan Peringatan BKN

Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK sudah dibuka? Karena penerima penghargaan sudah bisa membuat akun SSCASN. 

“Sebenarnya pendaftarannya sudah dibuka, jadi bagaimana cara membuat akunnya ya?” kata Dewan Pembina Forum Kehormatan K2 Tenaga Profesional Administrasi Indonesia, Nur Bitih, kepada JPNN, Minggu (4/8). 

Baca Juga: Rekrutmen CASN 2024 di Batang, Formasi Terbanyak untuk Guru PPPK

Ibu Nour, sapaan akrab Nour Beiteh, mengaku mencoba membuka link tersebut, dan ternyata bisa mengaksesnya dengan mudah. 

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Humas Badan Kepegawaian Negara Venu Ditta Tama mengatakan pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK belum dibuka. 

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2024 Minggu 3 Agustus, PPPK Belum Ada Petunjuknya

“Pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024 belum dibuka,” kata Fino saat dikonfirmasi. Sumber resmi JPNN menyebutkan, tautan https://register-pbpbd-sscasn.bkn.go.id/akun ditujukan untuk pembentukan CPNS di Papua dan Papua Barat. 

Namun Nour Beiteh kembali meragukannya. Menurutnya, kalau hanya untuk Papua dan Papua Barat, kenapa bisa diakses secara luas oleh pelamar, khususnya pelamar honorer. 

Dia khawatir banyak pelamar honorer dan publik yang membuat akun.

Akibatnya, penerima beasiswa tidak bisa membuat akun saat pendaftaran PPPK 2024 dibuka. 

Jutaan penerima penghargaan sudah menunggu pendaftaran PPPK 2024. Kalau masyarakat tidak paham maka akan menjadi ‘jebakan Batman’, ujarnya. 

Apabila akun SSCASN dibuat dengan memasukkan NIK, namun salah ruangan karena khusus Papua dan Papua Barat, maka Bonus Kehormatan otomatis dikecualikan. 

Pada aturan pendaftaran CPNS dan PPPK sebelumnya, BKN selaku Ketua Panitia Seleksi Nasional CASN (Panselnas) berulang kali mengingatkan agar membuat akun SSCASN hanya satu kali. Artinya pelamar hanya bisa memilih CPNS atau PPPK. 

Jika ada pelamar yang nekat mencoba, begitu membuka akun kedua otomatis didiskualifikasi. 

“Ini berbahaya jika sosialisasinya kurang. Jangan sampai teman-teman membuat akun SSCASN di link yang tersebar luas ini,” Ibu Nour mengingatkan. (esy/JPNN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *