ASN yang Akan Bertugas di IKN Jangan Khawatir, Fasilitas Sudah Siap

saranginews.com – Jakarta – Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan bertugas di Ibu Kota Kepulauan (IKN), Kalimantan Timur, tak perlu khawatir. 

Pasalnya, beberapa fasilitas di IKN tengah dipersiapkan menyambut kedatangan ASN untuk memberikan layanan.

Baca Juga: 2 ASN di Takalar Diduga Korupsi, Jangan Tiru Caranya

Bapak Alimudin, Wakil Pejabat Sosial Budaya Organisasi Ibu Kota Kepulauan (OIKN) Alimudin mengatakan, selain fasilitas sejumlah masyarakat, telah selesai pembangunan 21 asrama (rusun) untuk menerima uluran tangan ASN untuk bekerja. Di sana.

“Jangan khawatir soal kesejahteraan dan Insya Allah di sana ada kehidupan yang layak. Jangan khawatir masih ada pusat perbelanjaan, sekarang sudah dibangun semua, termasuk rumah sakit internasional, sekolah internasional, dan lain-lain, ” katanya di dalamnya. Festival ASN 2024, di Jakarta, Sabtu (3/8).

Baca Juga: Pak Jokowi Rapat Penuh Tingkat Menteri di IKN pada 12 Agustus, seluruh menteri yang ada

Oleh karena itu Alimudin mengajak para ASN untuk tidak khawatir dengan kesejahteraannya jika dipindahkan ke IKN. Apalagi, lanjutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan bahwa mereka yang ingin pindah akan diberi motivasi pasti.

Menurut Alimudin, pembangunan IKN tahap pertama di Kabupaten Penajam Paser Utara juga mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut hingga 14,49 persen.

Baca Juga: Apakah Pendaftaran CPNS & PPPK 2024 Dibuka? Kehormatan dapat membuat akun SSCASN

Luar biasa, jauh dari pertumbuhan ekonomi minimal 5 persen. Lalu (pertumbuhan ekonomi Provinsi Kaltim) tujuh koma satu persen. Pendapatan masyarakat lokal bisa 5 kali lipat dari sekarang, ujarnya.

Alimudin yang mengaku sudah 33 tahun tinggal di Kalimantan Timur mengatakan, migrasi di kawasan itu sudah berlangsung sejak tahun 1960-an.

“Jangan khawatir dengan situasi sosial di Kaltim. Sejak tahun 1960-an, migrasi terus terjadi di sana. Penduduk terbesar di IKN adalah suku Jawa, kedua suku Bugis dan Banjar,” tuturnya.

Di sisi lain, Kementerian Otonomi dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah menyiapkan kuota 40 ribu orang untuk Rekrutmen Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Negeri Sipil dan Kontrak Kerja (PPPK) tahun 2024.

“Dari kuota ini, sekitar lima persen dialokasikan kepada putra-putri Kaltim untuk ditempatkan di Ibu Kota Negara Kepulauan (IKN),” KemenPAN-RB, analis kebijakan utama Arizal.

Menurut dia, ASN yang ditugaskan di IKN nantinya akan dilekatkan pada kementerian/lembaga untuk merekrut 40.000 CPNS pada tahun ini.

“Dalam waktu dekat akan dilakukan seleksi, dipastikan putra putri Kaltim bisa mengikuti kompetisi untuk mengisi ASN, calon ASN, PNS yang nantinya akan ditugaskan di kementerian/lembaga di IKN.”. “ucap Arizal.

Termasuk juga para ASN saat ini, baik pejabat Eselon III maupun IV se-Kaltim, mempunyai peluang lebih besar untuk berkontribusi pada K/L di IKN melalui mutasi dan juga akan dikukuhkan.

Tak hanya itu, ASN yang akan dipindahkan ke IKN harus melek digital.

“Jadi, dalam hal transferable skill para ASN, literasi digital sangat diperlukan karena pekerjaan sudah banyak berubah,” ujarnya.

Hal ini sejalan dengan PermenPAN-RB Nomor 7 Tahun 2022 yang mendefinisikan cara kerja baru untuk menciptakan keterampilan dan daya saing. (antara/jpnn) Jangan lewatkan video Pilihan Editor ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *