Tunjukkan Proses Produksi di Pabrik Mambal, Aqua Perkuat Sinergi Industri dan Pemerintah

saranginews.com, BALI – Aqua menjadi pionir air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia sejak tahun 1983, selalu berkomitmen menyediakan produk berkualitas yang bertujuan untuk menjamin keamanan dan kesehatan.

Pada Rabu (31/7), Aqua menerima kunjungan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Pabrik Aqua, Mambal, Bali.

BACA JUGA: AQUA Electronics Rilis TV Terbaru Dengan Teknologi Modern, Punya Perintah Suara

Perwakilan pemerintah ini dapat menyaksikan langsung proses produksi Aqua dari hulu hingga hilir, memastikan keamanan dan kualitas produk Aqua berstandar tinggi dan mengikuti seluruh peraturan yang berlaku.

Pada kesempatan tersebut juga perwakilan pemerintah melihat langsung proses produksi produk kemasan Gallon Reusable, baik berbahan polikarbonat (PC) maupun berbahan polietilen tereftalat (PET).

BACA JUGA: AQUA Electronics resmikan service center langsung di Bekasi

Hingga tahun 2019, Aqua Gallon Reuse PET telah didistribusikan ke wilayah Bali dan Sulawesi Utara sebagai alternatif pendamping produk kemasan PC Gallon Reuse yang telah beredar sebelumnya.

Baik produk galon reusable PET maupun PC memiliki kualitas yang sama, memiliki standar keamanan pangan yang tinggi, dan tetap menjaga kemurnian AQUA.

BACA JUGA: Kapolres Jember Marah, 5 Anggota Diserang Pejuang PSHT, Aipda Parmanto Luka Berat

Pada tahun 2024, Aqua Gallon Reusable PET secara bertahap mulai didistribusikan lebih luas ke wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Hal ini juga merupakan bagian dari komitmen Aqua dalam mendukung agenda Pemerintah Indonesia yaitu Clean Waste Goal 2025 dengan mengurangi sampah sebesar 30% dan mengelola sampah sebesar 70%, sejalan dengan ikrar Aqua #Plasticwise.

Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Penyegar Kementerian Perindustrian Merrijantij Punguan Pintaria mengatakan, kunjungan ke salah satu pabrik Aqua di Mambal, Bali, menunjukkan industri AMDK di Indonesia semakin maju dan memenuhi kebutuhan nasional dan internasional. standar. .

“Yang dilakukan Aqua saat ini adalah memperkenalkan varian baru kemasan Reusable PET Galon yang ramah lingkungan dan tetap mengikuti pedoman Standar Nasional Indonesia yang patut ditiru oleh pelaku industri lainnya. Kami berterima kasih atas komitmen Aqua untuk terus melanjutkannya. berinovasi pada produknya”. agar kita bisa mengedepankan tanggung jawab terhadap lingkungan dan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat,” ujarnya.

Peneliti Madya Ahli bidang Polimer dari Pusat Penelitian Teknologi Polimer (PRTP) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Syuhada menyambut baik komitmen dan langkah Aqua menghadirkan versi kemasan produk baru ke masyarakat.

“Selain PC, telah diketahui secara luas bahwa penggunaan bahan PET sering digunakan oleh industri untuk kemasan produk. Aqua telah mengambil pilihan bijak dengan menggunakan PET Reusable Gallon sebagai alternatif kemasan produk AMDK yang sudah tersedia sebelumnya. Kemasan PC, karena bahan ini dapat digunakan kembali dan didaur ulang, melalui proses pencucian dan sterilisasi yang menyeluruh,” ujarnya.

Direktur Urusan Ilmiah dan Pemerintahan Eksternal Danone Indonesia Rachmat Hidayat mendapat kehormatan menerima kunjungan perwakilan pemerintah pada kesempatan ini.

“Sebagai pionir industri AMDK Indonesia, kami terus berupaya untuk menjalankan berbagai inisiatif dan kegiatan secara berkelanjutan, terutama untuk mendukung sinergi antara pelaku industri dan pemerintah sehingga dapat memberikan dampak baik bagi perekonomian masyarakat. dan mewujudkan kelestarian lingkungan hidup,’ ujarnya.

“Kedua versi produk Aqua dalam kemasan Galon reusable berbahan PET dan PC ini merupakan wujud nyata komitmen kami dalam menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi yang keamanan, mutu dan kebersihannya selalu memenuhi standar keamanan pangan sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia”. dia berkata.

Sejak diperkenalkan di Bali dan Manado pada tahun 2019, versi kemasan reusable PET Galon telah diterima dengan baik oleh masyarakat.

Khusus di Bali, galon PET dan PC yang dapat digunakan kembali dijual dan digunakan secara berdampingan. Masyarakat meyakini setiap varian merupakan produk terbaik yang disediakan Aqua karena terbukti aman dan bersih.

Di acara yang sama, Aqua juga menyoroti komitmennya dalam mengurangi sampah plastik di lingkungan melalui gerakan #PlasticWise.

Ada tiga pilar dalam gerakan ini yaitu Koleksi, Edukasi dan Inovasi. Aqua masih mendukung Gerakan Indonesia Bersih yang dicanangkan pemerintah, dan berambisi untuk mengumpulkan dan menggunakan lebih banyak kemasan daur ulang dibandingkan yang diproduksi perusahaan.

Nah, selain mengunjungi Aqua Factory di Mambal, Bali, Aqua mengajak para tamu ke Unit Bisnis Daur Ulang (RBU) PET Bali di Denpasar. Tempat ini merupakan salah satu fasilitas yang menjadi bagian dari ekosistem daur ulang dan pengelolaan sampah Aqua di Bali. (kanan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAGI… 3 RS BPJS Kesehatan Palsu Ditagih Miliaran Rupiah, Intervensi KPK, Nah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *