Daftar Nama Finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 SLTA

saranginews.com – Jakarta – Sam Ratu Adila, siswa SMAN 96 Jakarta berhasil lolos ke final National English Speaking Competition 2024 untuk siswa SMA bertema lingkungan.

Lomba Berbahasa Inggris Tingkat SMA “Kompetisi Diplomasi Lingkungan Hidup 2024” diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Dietgen PPKL KLHK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca Juga: Daftar 20 Nama Teratas Kompetisi Bahasa Inggris Nasional 2024

Selain lomba berbahasa Inggris, juga terdapat lomba debat bahasa Indonesia dan lomba debat bahasa Inggris. Semua kompetisi bertema lingkungan.

Kompetisi ini diselenggarakan bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 dan peringatan kemerdekaan Indonesia ke-79.

Baca Juga: Lomba Berbahasa Inggris Nasional 2024 Masuk Babak 60 Besar

Khusus lomba berbahasa Inggris tingkat SMA, berdasarkan statistik panitia, jumlah peserta yang berasal dari 498 SMA, Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Indonesia sebanyak 794 siswa.

Jumlah peserta pada babak penyisihan ini lebih banyak dibandingkan jumlah sekolah, karena satu sekolah dapat mendaftarkan lima siswanya sebagai peserta.

Baca Juga: Program SIDIK KLHK Raih Penghargaan Inovasi Publik Terbaik dari PBB

Dari 794 peserta, diambil dan disaring sampel sebanyak 60 orang yang berasal dari SMA Negeri/Sederajat Negeri dan Swasta se-Indonesia.

Dengan demikian, 60 peserta menyampaikan pidatonya tanpa naskah dan melakukan sesi tanya jawab dengan juri pada Sabtu, 27 Juli 2024.

Juri memilih 60 peserta yang akan melaju ke babak 20 besar atau semi final. Pemeringkatan didasarkan pada total skor masing-masing peserta.

Babak semifinal dilaksanakan pada Jumat, 2 Agustus 2024. Setelah 20 semi finalis memberikan pidato tanpa naskah dan melanjutkan wawancara, beberapa jam kemudian juri memilih 6 orang untuk melaju ke babak final.

Dikutip dari akun Instagram resmi Pengurus PPKL KLHK, berikut daftar 6 besar nama atau finalis National English Speaking Competition 2024 yang terbagi dalam dua ruang seleksi:

Kamar pertama

1. Sifa Nafeesah – Sarjana SMA IT Insan Payakumbuh, Sumatera Barat

2. Veren Luwena – SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi, Samarinda, Kalimantan Timur

3. Sam Ratu Adila – SMA Negeri 96 Jakarta

Ruangan lain

1. Benediva Boaz Ambarita – SMA Unggulan Dale, Toba, Sumatera Utara

2. Kalila Devi Sophia – UPH College, Tangerang, Banten

3. Ashindra Samaragandi Vardiana Harmanto – SMAN 11 Semarang, Jawa Tengah

“Selamat kepada peserta yang masuk Top 6 English Speakers.”

“Persiapkan diri menghadapi final dan lanjutkan perjuangan menginspirasi perubahan melalui pidato. Setiap langkah kecil di masa depan akan berdampak pada bumi kita,” demikian bunyi pengumuman 6 besar penutur bahasa Inggris tingkat nasional bertema lingkungan hidup, disarikan dari sambutan resmi Dirut PPKL KLHK. Postingan Instagram pada hari Jumat.

Mengutip dari situs resmi Dirjen PPKL, ​​​​KLHK, Panitia Nasional Lomba Bahasa Inggris Siswa SMA/Sederajat Tahun 2024 telah menjelaskan maksud dan tujuan inisiatif tersebut.

Pertama, partisipasi dengan menciptakan impact experience bagi generasi muda untuk berpartisipasi langsung dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup sejak awal, serta menyikapi kondisi dan tantangan pemulihan lingkungan hidup di Indonesia.

Kedua, mendidik siswa untuk mengembangkan kebiasaan mengungkapkan pikiran secara tepat serta berpikir kritis, kreatif, analitis, konstruktif, dan atletis.

Ketiga, melibatkan pemahaman dan kesadaran generasi muda untuk memahami permasalahan lingkungan hidup nasional dan global serta isu perlindungan lingkungan hidup berkelanjutan.

Keempat, gagasan, gagasan, tindakan, dan solusi generasi muda untuk menyelesaikan tiga krisis di planet ini.

Nantinya, para pemenang Lomba Berbicara Bahasa Inggris Tingkat Nasional Siswa SMA Mata Pelajaran Lingkungan Tahun 2024 akan mendapatkan total hadiah, sertifikat, dan uang tunai sebesar Rp 16 juta. (ppkklhk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *