Haidar Alwi Menilai Pro-Kontra Akan Lahirkan Bentuk Terbaik Revisi UU TNI dan Polri

saranginews.com, Jakarta – Pendiri Haidar Alvi Institute (HAI) R Haidar Alvi menilai pro dan kontra revisi Undang-Undang (UU) TNI dan Polri adalah hal yang lumrah.

Hal ini diungkapkan Haidar Alvi menanggapi penolakan Presiden PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: Kontroversi Amandemen UU TNI dan Anggota TNI Aktif di Jabatan Publik; Antara kekhawatiran dan aturan

“Pro dan kontra itu ruhnya demokrasi. Tanpa pro dan kontra maka tidak akan ada demokrasi. Padahal Pancasila lahir dari perbedaan pendapat,” kata Haidar, Rabu (31/7).

Menurut Haidar, perdebatan yang menimbulkan pro dan kontra akan mematangkan proses revisi undang-undang TNI dan Polri. Perdebatan di parlemen dan komite, politisi dan partai politik, masyarakat sipil, serta media massa dan ruang privat.

Baca juga: Koalisi Masyarakat Sipil Reformasi UU TNI Akan Kembalikan Dwi Fungsi ABRI

“Positif dan negatifnya menunjukkan bahwa proses revisi UU TNI-Polri berlangsung transparan, dalam proses peninjauan tersebut dapat memperhatikan aspirasi berbagai elemen masyarakat agar amandemen UU TNI-Polri dapat berjalan sebaik-baiknya. bentuk.

Haidar Alvi mengimbau masyarakat tidak perlu takut atau khawatir karena prosesnya transparan. Termasuk isu bangkitnya Orde Baru atau Neo Orde Baru.

“Prosesnya terbuka. Masyarakat bisa menyaksikan. Bahkan, beberapa elemen masyarakat sudah menyampaikan aspirasinya melalui pertemuan dengan pihak Senayan. Tak terkecuali PDIP dan merupakan oposisi. Jadi masyarakat jangan takut. Saya tidak tidak ingin takut.” kata Haidar Alvi. rhs/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *