Universitas Islam Cordoba Hadir di Banyuwangi, Punya Kurikulum Unik

saranginews.com – BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi akan semakin semarak dengan hadirnya kampus baru Universitas Islam Cordoba di Karangdoro, Tegalsari.

Kampus yang terletak di tengah kompleks PP Mabadiul Ihsan ini akan menampilkan program pendidikan yang unik, yaitu perpaduan pembelajaran berbasis Islam dengan materi baru yang relevan dengan perkembangan saat ini.

BACA JUGA: CyberIslamic University Penuh Permintaan, Kemenag Perluas Program Gelar Mulai Tahun Anggaran 2024

“Di sini kami juga menawarkan kurikulum yang mencakup kepemimpinan digital, komunikasi digital, coding, perilaku media sosial dan penggunaan kecerdasan buatan (AI),” jelas Rektor UI Cordoba Agus Trihartono.

Sekolah tersebut akan membuka empat jurusan dan tujuh program studi. Mulai dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTIK), Fakultas Dakwah (FD) dan Fakultas Ushuluddin (FU).

Baca juga: Ungkap Syukur Jadi ASN, PPPK 2023 di Banyuwangi Perbaiki Rumah Tak Layak Huni.

Program studinya sendiri antara lain Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayayah. Bimbingan dan nasihat Islam juga tersedia bersama dengan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

“Semuanya akan diajarkan oleh instruktur dan dosen serta tenaga akademik yang berpengalaman,” kata Agus.

BACA JUGA: Kemenag Buka Cyber-Islamic University, Guru Madrasah Tak Lagi Kendala dalam Pelatihan

Sebagai wujud komitmen terhadap profesinya, Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam (Diktis) Kementerian Agama RI Ahmad Zainul Hamdi didatangkan langsung untuk memberikan pelatihan kepada para dosen.

“Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bimbingan, motivasi dan cara pandang baru kepada para pendidik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik dan peneliti di UI Cordoba,” ujarnya.

Peresmian pertama kampus ini akan dilakukan oleh Ketua Hakim RI Muhammad Syarifuddin.

“Sebagai penanda kampus UI Cordoba dimulainya masa penerimaan mahasiswa baru. Silakan kunjungi website dan media sosial kami untuk mengetahui lebih lanjut,” kata Agus (*/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *