Kemendagri Dorong Pemerintah Daerah Menggunakan SIPD RI

saranginews.com – Jakarta – Kementerian Keuangan menerbitkan petunjuk teknis Sistem Informasi Daerah (SIPD) bidang penegakan dan akuntabilitas keuangan pada pekan lalu di Mercure Ancol, Dalam.

Bimtek dilaksanakan sebanyak enam kali dan diikuti oleh pemerintah daerah se-Indonesia dari provinsi, kabupaten, dan kota.

Baca Juga: Sukses Penjualan Kendaraan Dinas BMD Jadi Motivasi Mendagri

“Pelaksanaan inisiatif kepemimpinan teknis ini penting dan strategis dalam upaya menyelaraskan cara pandang dan meningkatkan pemahaman serta keterampilan dalam pengoperasian Modul Anggaran, Penatausahaan, Akuntansi dan Pelaporan SIPD,” ujar harian Direktur Jenderal Pembangunan Perekonomian Daerah Kementerian Dalam Negeri, Horas Maurits Panjaitan.

Maoris meminta pemerintah daerah memberikan informasi mengenai pemerintahan daerah yang dikelola dalam sistem informasi daerah.

Baca Juga: Kemendagri ingatkan pemerintah daerah untuk serius memanfaatkan SIPD RI

Penerapannya sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas pemerintahan guna mendukung pelaksanaan program nasional, serta mempercepat penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Satu Data Indonesia.

Keunggulan SIPD RI adalah:

Baca Juga: Tata Kelola Terpadu Berbagai Aplikasi K/L pada Sistem Informasi Terintegrasi Tidak Terjadwal Pembagian Data Biaya Pembangunan dan Transparansi Infrastruktur Server Berbasis Proses Pemberian Aliran Data kepada Pemerintah Daerah yang Berkomitmen Mendukung Pilkada 2024.

Māori mengimbau aparatur pemerintah daerah menerapkan SIPD RI untuk menyampaikan informasi keuangan daerah mulai dari perencanaan, penganggaran, pengelolaan, akuntansi hingga pelaporan dalam upaya mendukung transformasi digital nasional.

“Pemerintah pusat menggunakan SIPD RI untuk melakukan audit guna menjamin transparansi penggunaan APBD. Dalam SIPD RI diharapkan tidak ada bukti-bukti adanya kegiatan ilegal sehingga tidak terjadi penyelewengan atau kecurangan,” ujarnya.

Moritz mengatakan Kemendagri khususnya Dirjen Pembangunan Daerah bertekad dan berkomitmen untuk membangun kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang ahli di bidang keuangan daerah dan teknologi informasi.

“Hal ini penting dilakukan guna mengelola keuangan secara terstandar, transparan, dan terpantau serta mampu menjawab berbagai dinamika dan tantangan era 4.0 ini,” kata Maurician. (*/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *