Pak Kadis Ungkap Enaknya jadi PPPK setelah Sebelumnya Berstatus Honorer

saranginews.com – MEDAN – Sebanyak 1.997 pegawai negeri sipil pemegang kontrak kerja guru (PPPK) di lingkungan Pemerintah Negara Bagian Sumut telah mendapat surat keputusan pengangkatan dan dilantik menjadi ASN.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumut Abdul Haris Lubis meminta ribuan guru PPPK yang baru dilantik pada tahun 2024 bekerja efisien guna meningkatkan pelayanannya.

Baca juga: Pendaftaran PPPK 2024: Data BKN Tak Masukkan 3 Jenis Penghargaan Ini.

Hal itu disampaikan Abdul Haris Lubis saat menjadi pembicara pada acara peluncuran PPPK angkatan 1997 bagi tenaga pengajar tetap tahun 2023 yang digelar di SMK Negeri 7, Medan, Senin.

“Sambil meningkatkan pelayanan dan kualitas guru, penting untuk mendorong para guru agar terus berkarya dan termotivasi. Oleh karena itu, segeralah beradaptasi, pahami peran dasar dan fungsinya, serta lakukan yang terbaik,” kata Abdul Haris. Berbicara pada pembukaan Pelatihan Guru PPPK 2023 di SMK Negeri 7 Medan, Senin.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka, Aplikasi PPPK Tersedia

PPC tahun 1997 yang akan ditugaskan pada 14 cabang Disdic diharapkan dapat membawa beberapa perubahan positif di bidang yang ditugaskan untuk mendorong mereka mencapai tujuan pemenuhan kebutuhan para guru.

Abdul Haris mengatakan, perubahan status dari honorer menjadi PPPK menjamin kesejahteraan ekonomi, termasuk gaji guru dan peningkatan profesional.

Baca juga: 2 Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Seleksi CPNS 2024, Kenapa Belum PPPK?

Selain itu, kata dia, perubahan status ini membuka peluang lebih banyak guru untuk memperbarui keterampilannya dan mengikuti program sertifikasi.

“Itulah mengapa peningkatan kapasitas ini sangat penting bagi perekonomian jangka panjang dan keamanan karir guru, serta kualitas pendidikan yang diterima siswa,” ujarnya.

Sebelumnya, 1.997 PPPK Gubernur Sumut Agus Fatoni menerima Surat Perintah Pengangkatan dan menandatangani Perjanjian Kerja.

Pada kesempatan tersebut, Agus Fatoni mengesahkan surat perintah pengangkatan dan menandatangani kontrak kerja dengan 2.271 anggota PPC pada tahun 2023 di lingkungan kerja pemerintah daerah.

PPPK di lingkungan Pemerintah Sumut yang mendapat keputusan tersebut berjumlah 2.271 orang yang terdiri dari guru 1.997 orang, tenaga kesehatan 185 orang, dan tenaga teknis 89 orang.

Agus Fatoni berharap PPPK yang menerima surat keputusan tersebut inovatif dan kreatif serta bekerja keras memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Jangan melakukan pekerjaan yang biasa-biasa saja seperti kebanyakan orang, lakukanlah lebih baik dari orang lain.”

“Tingkatkan karakter kalian dan tingkatkan keterampilan kalian karena itu yang menguntungkan kalian dan bukan orang lain,” kata Agus Fatoni kepada anggota PPPK (antara/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *