Bersama POROZ, BAZNAS Berdayakan Mustahik Melalui Program ZAuto

saranginews.com, Jakarta – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Persatuan Organisasi Pengelola Zakat (POROZ) terus memberdayakan mustahik.

Salah satunya melalui pendistribusian software ZAuto kepada 133 penerima manfaat di wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Potensi Insentif Zakat BAZNAS Direkomendasikan Izinkan Pembentukan Tiga LAZ

POROZ merupakan perkumpulan badan-badan pengelola zakat nirlaba dan independen, wadah penggabungan lembaga-lembaga Amil Zakat (LAZ), khususnya yang berbasis pada organisasi-organisasi Islam besar.

Di antaranya NU Care-LAZISNU, Lazismu, LAZ Persis, LAZNAS Dewan Dakwah, Beitul Maal Hidayatullah (BMH), Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) dan LAZNAS Al-Irsyad.

Baca juga: BAZNAS luncurkan Program Beasiswa Lokal dan Mahad Aly 2024

Saidah Sakwan, Kepala Bidang Pendistribusian dan Pemanfaatan BAZNAS RI, mengatakan: “Kami berharap dapat memberikan kesempatan kerja dan pelatihan yang diperlukan kepada Mustahik agar mampu kompeten dan berdaya saing di dunia kerja khususnya di bidang otomotif.” , MA., dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (26/7).

Pak Saidah menekankan bahwa program ini merupakan wujud upaya bersama untuk membantu sesama yang membutuhkan, khususnya Mustahiki, yang membutuhkan bantuan untuk meningkatkan taraf hidup mereka.

Baca juga: Bersama PT Cordoba Internasional Indonesia, BAZNAS mengajak masyarakat berdonasi

“Dalam Islam, membantu sesama, terutama yang membutuhkan, adalah wajib. “Dengan ZAuto, kita bisa bersama-sama mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Saidah mengajak seluruh pihak untuk terus mendukung dan berpartisipasi dalam program pemberdayaan mustahiq yang digagas BAZNAS dan mitra agar memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan para mustahikh masa depan.

“Kami yakin dengan kekuatan yang tepat, kaum Mustahik akan mampu mengubah nasibnya. Namun lebih baik dan mandiri.

Saidah mengungkapkan, BAZNAS dan POROZ tidak hanya berkolaborasi dalam Z-Auto dan aplikasi lainnya, tetapi juga memiliki sertifikasi amil-amil zakat di bawah naungan POROZ.

“Kami berharap ini menjadi bagian dari penguatan gerakan zakat yang bermanfaat dan bermartabat dalam membangun masyarakat Indonesia yang bahagia dan sejahtera,” ujarnya.

Z-Auto merupakan aplikasi pemberdayaan usaha kecil dan menengah dalam usaha bengkel sepeda motor yang dijalankan oleh pendamping mustahik. Dalam program tersebut, BAZNAS Z-Auto memberikan bantuan permodalan serta pelatihan berkala dan bantuan teknis untuk mendorong kemandirian ekonomi para mustahik. (saranginews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *