Katadata SAFE 2024 Segera Digelar di Jakarta, Catat Lokasi dan Tanggalnya!

saranginews.com, JAKARTA – Acara tahunan Katadata Sustainability for the Future Economy (SAFE) kembali digelar.

Acara yang digelar pada 7-8 Agustus di Grand Ballroom Hotel Kempinski Grand Indonesia, Jakarta ini merupakan acara keberlanjutan perusahaan terbesar yang digelar di Indonesia.

BACA JUGA: Mahasiswa Pascasarjana UI Belajar Langsung Keberlanjutan Bisnis Aqua

Sebab, dalam acara tersebut akan berlangsung banyak kegiatan yang menghadirkan narasumber dan mitra dari seluruh mitra.

Di tahun kelima penyelenggaraannya, Katadata SAFE 2024 juga menunjukkan denyut baru penerapan prinsip keberlanjutan di Indonesia melalui Katadata ESG 2024 Index dan diskusi berbagai topik serta kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Baca juga: Pertamina-Bakrie Group Gandeng, Dirikan Nusantara Sustainability Center di IKN

Katadata ESG Index merupakan pengganti Katadata Corporate Sustainability Index yang dirilis pada tahun 2021 oleh Katadata Green dan Katadata Insight Center (KIC).

Indeks ini merupakan alat untuk membandingkan (mengukur) kinerja Environmental, Social, Governance (ESG) antar perusahaan di Indonesia.

BACA LEBIH LANJUT: 5 Wanita Dianugerahi Penghargaan Women of the Future 2024, Kepemimpinan Berkelanjutan APP Group

Dengan cakupan lebih dari 300 perusahaan publik atau sekitar sepertiga dari seluruh emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Katadata ESG Index merupakan yang terbesar di Indonesia.

Data ESG Index 2024 mencakup delapan sektor, yaitu industri manufaktur, pertambangan, makanan dan minuman, keuangan, transportasi dan logistik, kimia, energi, dan industri jasa atau perhotelan.

Tahun ini, SAFE 2024 mengusung tema ‘Ekosfer Indonesia’ sebagai refleksi dari ‘ruang’ yang mencakup forum diskusi, kolaborasi, dan presentasi inovasi ekonomi hijau dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, yang banyak diantaranya.

SAFE 2024 akan mengatasi banyak permasalahan di semua sektor yang terkait dengan tujuan-tujuan Penentu Nasional (NDC), seperti transisi energi, kehutanan dan lahan, industri, ekonomi bersama, dan keuangan berkelanjutan. Diskusi ini juga akan fokus pada implementasi ESG.

Konferensi ini akan terdiri dari empat sesi keynote, delapan sesi tatap muka, sembilan diskusi panel, dan enam sesi monolog. Seluruh sesi dihadiri oleh lebih dari 50 pembicara ahli dari pemerintah, bisnis, peneliti dan kelompok masyarakat sipil.

CEO Katadata Metta Dharmasaputra mengatakan Katadata SAFE 2024 merupakan salah satu konferensi keberlanjutan terbesar di Indonesia dan memiliki banyak rangkaian yang diadakan setiap tahunnya.

Katadata terus bekerja sama dengan Katadata Green dan Katadata Insight Center untuk mendukung penguatan penerapan prinsip-prinsip ESG di sektor bisnis melalui berbagai inisiatif.

“Mulai tahun 2021, Katadata telah merilis Katadata Corporate Sustainability Index yang pada tahun ini berubah menjadi Katadata ESG Index. Ini merupakan alat penilaian terdepan yang memungkinkan dilakukannya perbandingan kinerja ESG antar perusahaan di Indonesia,” kata Metta dalam sambutannya. Kamis (24/7).

Mencakup 200 perusahaan nasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), Katadata ESG Index merupakan yang terbesar di Indonesia.

Indeks ini memberikan ukuran yang relevan dan mendalam, membantu perusahaan meningkatkan praktik keberlanjutan.

“Ketepatan dan pemahaman indeks ini juga menarik investor yang tertarik pada tanggung jawab sosial dan lingkungan, sehingga membuat perusahaan di Indonesia lebih kompetitif dan berkelanjutan,” jelasnya.

Serial yang telah berlangsung sejak awal tahun ini ini menampilkan podcast Green Talks yang dibawakan oleh Senior Economist dan Partner Systemiq, Masyita Crystallin, dilanjutkan dengan presentasi track Katadata ESG dari berbagai perusahaan.

Selain itu, Katadata Green bersama Bursa Efek Indonesia mengadakan SAFE Road 2024 pada Senin 22 Juli 2024.

Usai SAFE 2024, Katadata Green akan bekerja sama dengan Kementerian Gabungan Kemaritiman dan Investasi serta Kadin untuk mendukung program International Sustainability Forum Indonesia (ISF) pada September mendatang.

Lalu ada acara Regional Ecosphere yang juga akan menjadi acara Road to COP29.

Inisiatif keberlanjutan Katadata SAFE 2024 akan diakhiri dengan area khusus Katadata Green pada konferensi iklim terbesar di dunia, COP29 di Baku, Azerbaijan, November 2024. (Mar1/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *