Bawaslu Gandeng Universitas Bung Karno Sosialisaikan Pengawasan Pilkada Serentak dari Praktik Curang

saranginews.com, MANADO – Jelang pemilu serentak 2024, Hendri Dwi Prastowo, Kepala Badan Perencanaan Organisasi Bawaslui Indonesia dan Herwin Molanda, Bagian Sumber Daya Manusia Organisasi Bawaslui Indonesia, berkolaborasi dengan Kampus Universitas Bung Karno ( UBK) untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. , tokoh agama, pemuda dan pelajar di Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

Rektor UBK, dr. Peran Didik Suhariyanto, SH., MH, Baswalu Dalam Mewujudkan Pemilu yang Adil.

BACA JUGA: Kementerian Dalam Negeri memberikan hadiah kepada pemerintah kota yang berkomitmen mendukung pembiayaan pemilu 2024

Penting bagi semua pihak untuk mengetahui peran, fungsi, dan teknis kinerja Bawaslu dalam pengawasan Pilkada Serentak di Indonesia pada 27 November 2024, kata Didik yang juga Ketua Tim Seleksi Komisioner Bawaslu DKI Jakarta Manado. . . Senin (22/7).

Setelah mengetahui semuanya, kata Didik yang juga Ketua Tim Seleksi Komisioner KPU Jatim, berharap semua pihak bisa bersinergi dengan Bawaslu sekaligus memantau pemilu terkait praktik kecurangan pemilu yang sudah menjadi budaya. di negara. .

BACA JUGA: Kenaikan Gaji Berkala dan Survei PPPK Bukan Prioritas, Kepala Daerah Sibuk Pilkada, Maaf!

“Saya yakin kita bisa mencegah praktik-praktik penipuan yang sering terjadi dan sudah menjadi budaya di negeri ini. Jika semua pihak mengetahui tanggung jawab dan kinerja Bawaslu serta mau bekerja sama, maka hal seperti itu tidak akan terjadi,” kata Didik.

Lebih lanjut ia menjelaskan, berbagai pelanggaran terkait Pilkada yang perlu dicek antara lain pelanggaran administratif yang dilakukan KPU sebagai penyelenggara pemilu, pelanggaran kode etik yang dilakukan DKPP sebagai etika penyelenggaraan Pilkada, pelanggaran Pilkada. . kejahatan dan tindak pidana lainnya seperti tidak netralnya ASN.

BACA JUGA: Surya Paloh Larang Anies Baswedan Gabung Kader NasDem di Pilkada Jakarta.

Oleh karena itu pencegahan harus dilakukan sejak awal, agar permasalahan yang ada bisa cepat direspon, kata Didik (jpn/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *