Ronald Tannur Divonis Bebas, Komisi III Minta Jaksa Segera Banding

saranginews.com, Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman meminta jaksa mengajukan banding atas putusan bebas Gregorius Ronald Tannur oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya Jawa Timur atas kasus penganiayaan yang berujung pada kematiannya. Pacarnya, Dini Sera Afrinati.

Saya sangat berharap jaksa mengajukan banding atas kasus ini, kata Habiburokhman melalui pesan video yang diterima di Jakarta, Kamis (25/7).

Baca juga: Polisi Tangkap Pelaku Penganiayaan yang Berujung Bentrokan Ormas di Jakarta Selatan

Sebelumnya (24/7), majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya Jawa Timur membebaskan Gregorius Ronald Tannur, putra mantan anggota DPR RI, dari segala dakwaan terkait kasus penganiayaan yang berujung pada kematiannya. Pacarnya, Dini Sera Afrianti.

Politikus Gerindra itu mengaku prihatin dengan bebasnya putra anggota nonaktif Komisi IV DPR RI Edward Tannur.

Baca juga: Ibu Mertua Korban Penganiayaan Ibu Mertua di Jakbar Terancam Jadi Tersangka

“Kami sangat prihatin dengan bebasnya Saudara Gregorius Ronald,” ujarnya.

Menurut dia, seharusnya majelis hakim PN Surabaya menerapkan asas kesadaran akan kesengajaan dan probabilitas dalam memutus perkara ini.

Baca Juga: Ronald Tannur Dibebaskan dari Pembunuhan Utama Sera di Surabaya

“Kalau saya ikuti kasusnya dan lihat videonya, menurut saya majelis hakim bisa menerapkan asas kesengajaan dengan memperhatikan kemungkinan atau dolus eventualis,” ujarnya.

Lanjutnya, karena terdakwa mengetahui perbuatan yang dilakukan terhadap korban kemungkinan besar akan mengakibatkan hilangnya nyawa.

Jadi, kalaupun yang bersangkutan tidak berniat membunuh, harus paham bahwa perbuatannya bisa mengakibatkan kematian korban. Jadi menurut saya itu yang menjadi faktor penting dalam pengambilan keputusan, ujarnya.

Habiburokhman mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memantau kasus tersebut hingga mencapai Pengadilan Banding.

Dan, kita bersama-sama di pengadilan banding agar para korban meninggal dunia mendapatkan keadilan, ujarnya. (Antra/JPNN)

Baca artikel lainnya… AKBP Ronald Gaspol Sistem Pendingin Pemilu Damai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *