BKSDA Amankan Lutung yang Tersengat Listrik di Sampit

saranginews.com, SAMPIT – Warga di pemukiman warga di Sampit, Kabupaten Kotavaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah menemukan seekor lutung tersengat listrik, yang kemudian berhasil diselamatkan dan dievakuasi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sampit.

“Kami mendapat informasi dari agen rahasia Disdamkarmat bahwa dia menyediakan satwa liar yang dilindungi itu. “Hewan tersebut diambil dari warga yang menemukannya di sekitar pemukiman warga,” kata Komandan BKSDA Sampit Muriansya (Disdamkarmat) di Jalan Bengkirai, Senin (22/7). Hewan yang dimaksud adalah lutung atau biasa disebut penduduk setempat dengan hirangan.

BACA JUGA: 5 Lutung Hitam Turun dari Lereng Gunung Merapi

Belum diketahui asal muasal hewan ini, namun lutung diduga masuk ke pemukiman penduduk untuk mencari makan. Menurut petugas Disdamkarmat, tempat ditemukannya hewan tersebut tidak jauh dari semak-semak, “kemungkinan lutung tersebut masuk melalui semak-semak, namun bukan hanya itu tempatnya, ada lima ekor lutung yang berhasil diselamatkan.” menjauh. Semua lutung diambil dari warga sebagai temuan, bukan hewan peliharaan.

Oleh karena itu, kemungkinan lutung yang ditemukan kali ini memang merupakan hewan liar yang belum pernah didomestikasi sebelumnya, setelah dilakukan pemeriksaan singkat ditemukan luka bakar di bagian tangan kanan hewan yang bernama latin Trachypithecus tersebut. Namun secara umum kondisi fisik primata tersebut sangat baik sehingga kelompok memutuskan untuk segera melepasliarkan, satwa tersebut dilepasliarkan di hutan sekitar kecamatan Seranau, karena tempat ini untuk habitat lutung, sehingga diharapkan satwa tersebut dapat beradaptasi. dengan cepat. . Selain Seranau, Mentaya Hilir Utara dan Mentaya Hilir Selatan juga kerap terlihat di masyarakat Teluk Sampit, sedangkan Ketua Pasukan Disdamkarmat Kotim Carles mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari warga yang pertama kali menemukan lutung tersebut. Sesampainya di lokasi, mereka menemukan lutung tersebut sudah tidak bernyawa setelah tersengat listrik. datang, lutung dalam kondisi lemah,” ujarnya sambil mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah menyelamatkan lutung tersebut. Maka penyerahan selesai (antara/jpnn).

BACA JUGA: Pantun Prabowo ke Buruh: Yang Curang Punya Akhlak Seperti Lutung

BACA JUGA: Bisnis Surili dan Lutung Jawani Dilikuidasi KLHK

BACA TEMPAT LENGKAP… Jangan biarkan Lutung hilang dari Pantai Muaragembong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *