PLN Icon Plus Dorong Pengembangan Smart Kabupaten Lewat Infrastruktur Digital-Energi Hijau

saranginews.com, JAKARTA – Di era yang semakin digital, pengembangan infrastruktur digital dan energi hijau menjadi kebutuhan penting di seluruh wilayah Indonesia.

PLN Icon Plus mengambil langkah penting untuk membantu mewujudkan Smart Region dengan infrastruktur terintegrasi.

BACA JUGA: PLN Icon Plus Raih Penghargaan BUMN 2024 dalam rangka HUT RI ke-6

Pada acara APKASI 2024 di Jakarta yang mengusung tema “Mempromosikan Kawasan Cerdas dengan Infrastruktur Digital Terintegrasi dan Energi Ramah Lingkungan”, PLN Icon Plus menunjukkan komitmennya dalam mendukung transformasi digital dan transisi energi ramah lingkungan di tingkat regional.

Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan transformasi PLN Icon Plus menjadi subholding lebih dari kWh PT PLN (Persero) merupakan langkah penting.

TERKAIT: PLN Icon Plus & PLN membuat pusat komunikasi digital di IKN

Perubahan ini tidak hanya mencakup perubahan struktural, namun juga mencerminkan komitmen perusahaan untuk memberikan solusi terintegrasi Beyond kWh, termasuk Komunikasi, Digital, dan Energi Ramah Lingkungan.

“Kami fokus tidak hanya pada penyediaan konektivitas, tetapi juga pengembangan solusi digital dan energi hijau yang dapat mendukung rencana strategis nasional,” kata Ari Rahmat.

BACA LEBIH LANJUT: Gereja-gereja di Jakarta Timur bentrok karena sengketa penggunaan gereja

PLN Icon Plus berperan aktif dalam meningkatkan dan menstandardisasi konektivitas internet di seluruh Indonesia. Salah satu prestasi yang membanggakan adalah keberhasilan menjadikan Pulau Lepar sebagai pulau pertama yang 100% terhubung dengan jaringan ICONNET.

Langkah ini akan menghadirkan konektivitas internet ke setiap sudut pulau, memfasilitasi akses terhadap pendidikan, membuka peluang ekonomi baru dan meningkatkan pariwisata lokal.

Pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen PLN Icon Plus dalam menghadirkan layanan internet berkualitas ke berbagai wilayah Indonesia.

Pertumbuhan signifikan ICONNET juga mendapat pengakuan internasional. Untuk pertama kalinya, PLN Icon Plus dinobatkan sebagai Broadband Telecom Company of the Year pada tahun 2024 oleh Asian Telecom.

Penghargaan ini merupakan bukti kerja keras dan dedikasi perusahaan dalam memberikan layanan komunikasi terbaik. Selain itu, PLN Icon Plus menorehkan sejarah pada Oktober 2023 sebagai penyedia internet backbone fiber optic pertama di Timor-Leste.

Pengembangan kota pintar berfokus pada integrasi digital dan kota hijau, termasuk perencanaan Kota Hijau, pengelolaan sampah tingkat lanjut, energi cerdas, dan pengelolaan air tingkat lanjut. Seiring dengan meningkatnya permintaan energi terbarukan, PLN Icon Plus membantu memajukan inisiatif global Nol Karbon. PLN Icon Plus berupaya menciptakan konsep Smart & Green berbasis infrastruktur jaringan, digitalisasi, dan energi hijau yang terintegrasi dan efisien.

PLN Icon Plus menawarkan berbagai solusi teknologi terintegrasi untuk mewujudkan Smart & Green Regency.

Digitalisasi Smart Building merupakan bagian dari ekosistem cerdas yang menyediakan perangkat elektronik berbasis teknologi Internet of Things (IoT).

Sistem manajemen energi cerdas (EMS) memungkinkan Anda memantau dan mengoptimalkan penggunaan energi dengan pengukuran cerdas dan sistem manajemen energi yang memungkinkan penghematan energi dan biaya.

“Di era digital dan transisi menuju energi hijau yang berkembang pesat, PLN Icon Plus berupaya memberikan solusi terintegrasi dan berkelanjutan ke seluruh wilayah Indonesia. Kami tidak hanya menyediakan komunikasi yang andal, tetapi juga mengembangkan solusi digital dan energi hijau yang mendukung energi nasional. partisipasi PLN Icon Plus dalam rencana strategis, kami akan menunjukkan komitmen kami terhadap transformasi digital dan energi hijau di tingkat regional, dengan tujuan utama membangun kawasan cerdas berbasis infrastruktur digital dan energi hijau.

PLN Icon Plus berperan penting dalam menyediakan jaringan komunikasi di Ibu Kota Negara (IKN) dengan menyediakan layanan konektivitas terintegrasi, solusi digital dan energi hijau untuk mendukung transformasi IKN menuju kota “Cerdas, Hijau dan Indah”.

PLN Icon Plus tidak hanya fokus pada layanan rumah saja, namun juga terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan energi masa depan, misalnya berbagai produsen kendaraan listrik mengembangkan berbagai fungsi pada aplikasi PLN Mobile dan mendukung Electric Vehicle Digital Services (EVDS) yang dapat diajak bekerja sama. Hal ini termasuk mengintegrasikan stasiun pengisian daya ke dalam manajemen energi dengan platform yang efisien dan ramah pengguna.

Kemitraan antara PLN Icon Plus dengan pemerintah daerah di seluruh Indonesia memberikan dampak yang sangat positif. Keberhasilan ini menunjukkan bagaimana kerja sama strategis dapat berkontribusi terhadap pembangunan regional yang berkelanjutan.

“Dengan semangat ‘smart and green energy’, kami mendorong daerah, kota, dan negara bagian untuk menjadi pionir dalam penerapan sistem energi hijau yang terintegrasi,” kata Ari.

Melalui langkah strategis yang diambil, PLN Icon Plus berkomitmen mendorong pengembangan kawasan cerdas dan energi hijau terintegrasi di seluruh Indonesia.

“Perubahan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat, tetapi juga mendukung pencapaian tujuan nasional dan global dalam mencapai lingkungan yang berkelanjutan,” ujarnya. (kanan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAGI… Pengguna Jalan Layang Cimindi Bandung riuh pada Jumat pagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *