UPN Veteran Jakarta Buka Prodi S1 Kajian Film, Televisi dan Media

saranginews.com – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) melalui Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) meluncurkan program gelar baru yaitu Program Sarjana Kajian Film, Televisi dan Media.

Langkah terbaru FISIP UPNVJ ini diklaim menjadi terobosan dalam menjawab kebutuhan industri kreatif yang terus berkembang baik secara nasional maupun internasional.

Artikel Terkait: FISIP UPNVJ Gelar Seminar Literasi Politik Bagi Generasi Z

Menawarkan 40 tempat pada tahun pertama, program gelar ini menawarkan lulusan kesempatan untuk menjadi kritikus film dokumenter, film, televisi dan media, analis visual, pusat media, lembaga sensor film dan jurnalis multimedia.

Dekan FISIP UPNVJ Profesor Dr. S. Bekti Istiyanto mengatakan, program gelar ini memiliki keunggulan dan nilai tambah yang membedakannya dengan jurusan serupa di universitas lain.

Baca Juga: Tindakan Kapolda Sulteng Dodi D’Argent Dianggap Pelecehan Terhadap Jurnalis

Dikatakannya, keunggulan prodi ini adalah dikandung dengan semangat nasionalisme, sejalan dengan jati diri UPNVJ sebagai kampus bela negara.

Selain itu, prodi ini tercipta setelah FISIP UPNVJ melakukan studi banding terhadap prodi sejenis di tingkat nasional dan internasional.

Baca juga: Arif Poyuono Kaitkan Pembicaraan Kereta Cepat yang Diusung Prabowo dengan Utang Negara

“Program studi ini dirancang untuk menumbuhkan pemikiran kritis, inovatif, etis dan profesional, serta kami mengintegrasikan pendekatan ilmiah,” kata Bekhti dalam siaran persnya, Kamis. (18/7).

Menurut Bekti, program gelar ini didirikan karena kebutuhan sumber daya yang mendesak dan tinggi bagi para profesional film, televisi, dan media.

Oleh karena itu optimis bahwa program gelar ini akan mampu memenuhi kebutuhan dan menyeimbangkan pesatnya pertumbuhan industri kreatif dengan pemahaman kritis terhadap kajian film, televisi dan media.

“Kami berharap program gelar ini menjadi program gelar film, televisi, dan media terkemuka di Indonesia,” kata Bekti.

Bekti juga berharap program gelar baru ini akan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analisis mengenai pesan, tanda, dan makna dalam film, televisi, dan media massa.

Lulusan program gelar ini juga diharapkan memiliki kemampuan kreatif dalam mengolah data, fakta dan kenyataan dalam temuan penelitian dan teks media serta mendukung pemikiran dan refleksi yang kritis, etis dan estetis.

“Akhirnya lulusan Program Studi Film, Televisi dan Media UPNVJ mampu cepat terserap ke dalam industri kreatif yang setiap tahunnya semakin ekonomis dan menjanjikan,” kata Bekti.

Ia menambahkan, pendaftaran calon masuk program gelar akan diterima mulai pukul 08.00 WIB pada 18 Juli 2024 hingga pukul 13.00 WIB pada 25 Juli 2024. (bold/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *