Gelar Operasi Patuh Jaya, Polda Metro Kerahkan Ribuan Personel, Ini Sasarannya

saranginews.com, JAKARTA – Direktorat Perhubungan (Dilantas) Polda Metro Jaya akan menggelar operasi kepatuhan 2024 mulai Senin (15/7).

Sebanyak 2.938 personel gabungan yang dikerahkan di Jakarta dan sekitarnya akan dikerahkan dalam operasi tersebut.

BACA JUGA: Operasi Patuh Jaya 2022, Irjen Fadil Beri Perintah Khusus kepada Kombes Sambodo

Total personel Operasi Gabungan Patuh Jaya berjumlah 2.938 orang, kata Direktur Polda Metro Jaya, Kompol Latif Usman, dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (14/07) di Jakarta.

Latif menjelaskan, sebelum melaksanakan Operasi Patuh Jaya 2024, seluruh jajaran Direktorat Perhubungan Polda Metro Jaya telah melakukan apel pagi pada pukul 06.00 WIB dan apel sore pada pukul 13.30 WIB.

BACA JUGA: Operasi Taat Lancang Kuning di Pekanbar Manusiawi Bersama Zapin Tanjak

Sementara itu, postingan di akun resmi Direktorat Perhubungan Polda Metro Jaya, @tmcpoldametro menyebutkan, ada 14 sasaran operasi Patuh Jaya pada tahun 2024.

Sasaran operasinya antara lain mengemudi melawan arus lalu lintas, mengemudi dalam keadaan mabuk, menggunakan telepon seluler (ponsel) saat mengemudi, ngebut, mengemudi di bawah 18 tahun (tanpa SIM) dan parkir liar.

BACA JUGA: Operasi Patuh Jaya 2021: Jika Punya Sepeda Motor yang Knalpotnya Berisik, Sebaiknya Segera Ganti!

Selain itu, tidak dilengkapi perlengkapan standar, tidak dilengkapi STNK, melanggar rambu lalu lintas atau pinggir jalan, kendaraan yang dipasang rotator atau sirene, tidak menaati aturan, dan menertibkan kendaraan yang menggunakan pelat nomor palsu.

Jadi tujuan kendaraan bermotor roda dua tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) dan dikendarai lebih dari satu orang. 

Lebih lanjut, tujuannya adalah agar kendaraan bermotor roda empat atau lebih tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara dan tidak memenuhi persyaratan laik jalan. 

Di tingkat nasional, Korlantas Polri akan menjadi tuan rumah Operasi Kepatuhan 2024 pada 15-19 Juli 2024. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAGI… Puluhan kendaraan terjaring razia saat berkendara kepatuhan Musi 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *