Peringatan Tahun Baru Islam, Wamenag Ajak Berhijrah ke Arah yang Lebih Baik

saranginews.com, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) menggelar upacara peringatan 1 Muharram 1446 H di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jakarta.

Peringatan ini mengusung tema “Semangat Hijrah Menyongsong Kepulauan Baru, Indonesia Maju”.

BACA JUGA: Kementerian Agama siapkan langkah-langkah untuk mencegah konflik terkait sentimen agama jelang Pilkada 2024.

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki hadir mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Kumas.

Wakil Menteri Agama menghimbau umat Islam untuk selalu optimis menghadapi migrasi.

BACA JUGA: Kemenag perkuat perekonomian nasional dari desa Zakat hingga kota Wakaf.

“Kami berharap semangat tahun baru 1446 H yang kita rayakan hari ini dapat memberikan optimisme menuju arah hijrah yang lebih baik sebagai bagian dari proses memanusiakan masyarakat Indonesia,” ujarnya. Wakil Menteri Agama di Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Wakil Menteri Agama mengatakan, untuk mencapai kemajuan dan kebahagiaan umum, jiwa Hijriah harus ditanamkan ketakwaan individu yang beraneka ragam kepada Allah dan ketakwaan horizontal terhadap manusia.

BACA JUGA: Kemenag dorong kemandirian ekonomi pesantren di Sulut

“Berkaitan dengan itu, saya mengajak kita semua untuk mengambil pelajaran dari perayaan Tahun Baru Islam 1446 untuk mencapai kemajuan di Indonesia, menjadikan semangat spiritual sebagai landasan untuk melahirkan semangat kerja dan kejujuran.” – kata Wakil Menteri Agama.

Wamenag juga menambahkan, rencana pemindahan ibu kota negara dapat dimaknai sebagai wujud migrasi masyarakat Indonesia menuju pembangunan.

“Emigrasi ini bisa kita artikan sebagai pembentukan dan pendirian suatu bangsa dan negara, dan salah satunya adalah gerakan pemindahan ibu kota. Kami berharap hijrahnya mendapat berkah dari Tuhan,” kata Wamenag.

Acara ini dilengkapi dengan ceramah Abdurrahman Kasdi, Rektor Institut Agama Islam Negeri Quds, dan penyerahan santunan kepada anak yatim.

Sehubungan dengan hal tersebut, Kamarudin Amin, Dirjen Kepemimpinan Masyarakat Islam, perwakilan Eselon I dan II Kementerian Agama Pusat, Ivan Hernivan, Sekjen Lembaga Kebijakan Pemerintah Barang/Jasa, Wakil Direktur Riset dan Pancasila Materi Badan Pengembangan Ideologi Suharno dan staf ahli manajemen risiko BPK RI. (flo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *