Ini Strategi Jitu BRI yang Kembali Mencetak Prestasi di Kancah Internasional

saranginews.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK atau BRI kembali menorehkan prestasi internasional.

Terbaru Bank BRI menjadi bank nomor 1 di Indonesia menurut The Banker Top 1000 Banks 2024.

Baca Juga: BRI Dapat Apresiasi dari Wajib Pajak yang Taat dan Berkontribusi Besar pada Penerimaan Pajak

Hal ini berdasarkan daftar Top 1000 Banks 2024 yang diterbitkan oleh media ekonomi dan keuangan terkemuka dunia yang berbasis di London pada Rabu (10/7).

Dalam daftar ini, tercatat 26 bank asal Indonesia dan BRI menduduki peringkat teratas dan peringkat 110 secara global.

Baca Juga: BRINS Raih 2 Penghargaan di Insurance Asia Awards 2024, Selamat!

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, seluruh penghargaan yang diterima BRI, termasuk menjadi yang no. 1 bank di Indonesia menurut The Banker Top 1000 Banks 2024, dari komitmen perusahaan untuk melanjutkan misi nilai ekonomi dan penciptaan sosial. Sebuah nilai dengan fokus pada pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Di tengah ketidakpastian perekonomian global dan tingginya suku bunga, BRI mampu meraih pengakuan dari Forbes, Fortune & Finance Asia dan The Banker.

Baca Juga: Kisah Sukses Komaria Sebagai Agen Brilank di Tanjung Priok Bisa Umrah untuk Keluarga

Menurut Sunarso, hal ini membuktikan bahwa dunia internasional mengakui dan mengapresiasi respon strategis BRI terhadap tantangan serta memperkuat posisi BRI sebagai badan usaha milik negara yang beroperasi semakin global.

Hal ini berhasil menjadi landasan pencapaian hasil positif bagi BRI yang menjadi garda depan industri perbankan Indonesia dan semakin mempengaruhi industri keuangan regional dan global, kata Sunarso.

Top 1000 bank 2024 mencakup seribu bank terbaik sedunia dengan parameter evaluasi modal 1, aset, laba sebelum pajak, rasio aset, laba atas modal, dan laba atas aset.

Dalam pernyataannya, Kimberley Long, editor The Banker, mengatakan bank-bank di Indonesia saat ini menikmati periode peningkatan modal Tier 1, yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan kondisi yang stabil.

“Peringkat bank-bank Indonesia yang masuk dalam 1000 besar menunjukkan optimisme, dengan banyaknya bank yang pulih dari penurunan modal Tier 1 tahun lalu,” kata Kimberley.

The Banker, grup Financial Times, telah menjadi sumber informasi keuangan global yang terpercaya sejak tahun 1926.

Banker Banking berfokus pada lima bidang utama: strategi industri, digitalisasi, ESG dan keberlanjutan, regulasi, dan ekonomi global.

Nominasi BRI sebagai bank terbaik di Indonesia dalam daftar Top 1000 Banks 2024 menambah prestasi BRI pada bulan lalu.

Pada Kamis (13/6), Forbes International menobatkan BRI sebagai media ekonomi dan keuangan terkemuka dunia sebagai perusahaan terbesar di dunia tahun 2000.

Merujuk situs resmi Forbes International, 9 perusahaan asal Indonesia dan BRI menduduki peringkat teratas dari 2 ribu perusahaan seluruh dunia yang terdaftar.

Selanjutnya Fortune, salah satu media keuangan terkemuka dunia, merilis daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya pada Selasa (18/06).

Daftar tersebut terdiri dari 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara, yang diberi peringkat berdasarkan pendapatan, laba, dan aset.

Prestasi BRI lainnya adalah menduduki peringkat pertama dalam daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk industri perbankan dan keuangan Indonesia, sedangkan BRI menduduki peringkat keempat kategori keuangan di Asia Tenggara.

BRI menerima 11 penghargaan dari Finance Asia pada ajang The Finance Asia Awards dan Best Companies in Asia Pole Gala Dinner 2024 yang diselenggarakan di Hong Kong pada Kamis (27/06).

Dari 11 penghargaan yang diraih, BRI memperoleh 7 kategori Best Company in Asia dan 4 kategori FinanceAsia Awards. Untuk Perusahaan Terbaik di Asia, Pimpinan BRI Sunarso menerima Penghargaan CEO Terbaik (Emas).

Best Managed Company (Emas), Best Investor Relations (Emas), Best CFO (Silver), CFO BRI Viviana Dieh Iw, Commited to DEI (Silver), Most Commited to ESG (Silver) dan Best Large Company (Bronze).

Sedangkan 4 penghargaan yang diterima pada kategori FinanceAsia Awards antara lain Best Bank for Financial Inclusion (Winner), Best Commercial Bank – SMEs (Winner), Best Sustainable Bank (High Commendation) dan Most Innovative Technology (High Commendation).(mrk/jpnn ) . )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *