Berharap PDIP Temukan Kandidat di Pilkada Sumut 2024, ProJo: Biar Bobby Tak Lawan Kotak Kosong

saranginews.com, Jakarta – Bendahara Umum Kelompok DPP ProJo Barus berharap PDI Perjuangan bisa menemukan calon Wali Kota Medan Bobby Nasution pada Pilkada Sumut 2024. Tidak ada lowongan.

Harapan itu terungkap saat rombongan menghadiri konferensi pers di Kantor Jakarta Selatan, Jumat (7/12), untuk mengumumkan dukungan DPP ProJo pada beberapa pilkada.

Baca juga: Bobby Tolak Kotak Kosong di Pilkada Sumut? Djarot: Tergantung PDIP

Awalnya, panel ahli menyebut sosok yang diusung ProJo pada Pilkada Sumut 2024 adalah Bobby yang juga merupakan menantu Presiden RI Joko Widodo.

“Calon gubernur Bobby Nasution yang kami dukung ternyata didukung banyak parpol,” ujarnya, Jumat.

Baca juga: PKS Dukung Bobby Nasution di Pilkada Sumut 2024

Kelompok itu menyebut Bobby mendapat dukungan mayoritas partai di DPRD Ibu Kota Medan dalam proses politik Pilkada 2024 di Provinsi Sumatera Utara.

“Ada buktinya keluarga Park Jokowi memang mendorong partai itu ya,” ujarnya.

Baca juga: Pilkada Sumut 2024, Bobby Nasution Dapat Amanah dari PAN

Kelompok itu juga berharap PDI Perjuangan yang belum mengusung Bobby di Pilkada Sumut 2024 bisa mencarikan tandingan suami Kahiyang Ayu itu.

“Kami berharap Bobby menjadi lawannya. Saya berharap PDI Perjuangan bisa memberikan calon yang mengejutkan,” lanjutnya.

Panel tersebut mengatakan hal ini buruk bagi demokrasi ketika para kandidat bersaing dengan kotak kosong dalam persaingan politik.

“Jangan sampai pilkada ini hanya kotak kosong, karena ini juga penting bagi kualitas demokrasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Progresif Demokratik PDI Perjuangan Djarot Syaiful Hidayat mengatakan partainya akan menjadi penentu dalam mencegah Bobby bertanding dengan kotak kosong di Pilkada Sumut 2024.

Kosong atau tidaknya kotak itu tergantung PDI Perjuangan, kata Djarot saat ditemui awak media di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (7/11).

Mantan Gubernur Jakarta itu mengatakan, PDI Perjuangan kini sedang membangun poros politik untuk mengajukan calon lawan Bobby.

Djarot misalnya, mengatakan DPD PDI Perjuangan Sumut telah berkomunikasi dengan PKS yang belakangan menyatakan dukungannya terhadap Wali Kota Medan.

“Kemudian kami juga mulai berkomunikasi dengan tokoh masyarakat,” kata mantan Bupati Brida itu.​​

Beberapa parpol belakangan menyebut Bobby mendapat dukungan dari poros politik besar untuk bertarung di Pilkada Sumut 2024.

Awalnya, Gerindra menyatakan dukungannya terhadap Bobby. Beberapa partai lain pun menyusul, seperti Partai Serikat Buruh, Partai Aksi Nasional, Partai Demokrat Nas, Partai Demokrat, dan PKK. (ast/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *