Bea Cukai Berikan Edukasi Terkait Tugas dan Fungsi Kepada Mahasiswa

saranginews.com, JAKARTA – Bea Cukai Pangkalpinang dan Semarang menerima kunjungan belajar dari pelajar dan mahasiswa.

Kunjungan studi tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan dan memberikan pemahaman kepada peserta mengenai peran dan fungsi Bea dan Cukai dalam perekonomian negara.

BACA JUGA: Bea Cukai dukung suksesnya penyelenggaraan MXGP 2024 di Lombok

Dalam acara bertajuk “Sekolah Menuju Bea Cukai”, siswa SMK Negeri 1 Sungailiat mengunjungi Kantor Bea Cukai Pangkalpinang pada Kamis (6/6) lalu.

Begitu pula melalui acara “Campus Goes to Customs”, mahasiswa Fakultas Ekonomi Totalwin mengunjungi Kantor Bea dan Cukai Semarang pada Selasa (7/9).

BACA JUGA: Bea Cukai dengan tegas memusnahkan puluhan juta produk tembakau ilegal

Kepala Cabang Humas dan Penyuluhan Kepabeanan Encep Dudi Ginanjar mengatakan pihaknya berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan melindungi Indonesia dari masuknya barang-barang pembatasan dan pembatasan (lartas).

“Bea Cukai mempunyai empat peran utama, yaitu pendamping industri, fasilitator perdagangan, pengayom masyarakat, dan penghimpun pendapatan,” kata Encep.

BACA JUGA: Bea Cukai Malang dorong UMKM ekspor mandiri lewat pendampingan

Dalam bidang penunjang industri dalam negeri, Bea dan Cukai sebagai bantuan industri dan fasilitator perdagangan, juga memberikan dukungan dengan memberikan fasilitas kepabeanan dan cukai.

Fasilitas tersebut dapat berupa keringanan pajak, kemudahan pelayanan, dan bantuan regulasi.

Sedangkan Bea dan Cukai sebagai pengayom masyarakat mempunyai tugas melindungi pasar nasional dari ancaman barang luar negeri yang mungkin membahayakan dan tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

Dari segi penerimaan, tujuan Bea dan Cukai sebagai pemungut pendapatan adalah Bea dan Cukai membantu memungut penerimaan negara dengan menetapkan bea masuk, bea keluar, dan cukai yang dikenakan terhadap barang tertentu.

Encep berharap kunjungan para pelajar ini dapat menciptakan hubungan positif antara Bea Cukai dan institusi pendidikan untuk membantu mencerdaskan kehidupan di Tanah Air.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para pelajar dan mahasiswa yang telah melakukan kunjungan belajar. Saya berharap dengan edukasi yang diberikan dapat menambah pemahaman mengenai kepabeanan dan cukai,” pungkas Encep.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… 840.400 batang rokok ilegal di bus Blitar disita Bea dan Cukai, berikut kronologinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *