Mayoritas Gen Z & Milenial Jember Lebih Memilih Faida Sebagai Calon Bupati

saranginews.com, JEMBER – Lembaga Penelitian Masyarakat Milenial (LPMM) kembali melakukan survei untuk mengetahui preferensi Generasi Z dan Milenial di wilayah Jember terhadap Pilkada 2024.

Survei tersebut menemukan bahwa generasi muda memilih berdasarkan tiga ciri utama yaitu tidak korup sebanyak 82,8 persen, populer dan sederhana sebanyak 67,8 persen, serta tegas dan berwibawa sebanyak 72,4 persen.

BACA JUGA: Jajak Pendapat GRC: Mantan Wali Kota Jember Fayda Menang, Tetap di Posisi Kedua

Setelah itu, sebanyak 84,4 persen menekankan pentingnya pencatatan yang baik, dan 89,4 persen menginginkan pemohon tidak mempunyai masalah hukum.

Direktur Eksekutif LPMM Robi Rosyadi mengatakan, survei mengidentifikasi lima nama calon wali kota terpopuler di Kabupaten Jember, yakni Faida 87,4 persen, Hendi Siswanto 81,1 persen, Muhammad Balya Firjaun 64,3 persen, Karimullah Dahroujiadi 61,7 persen. dan Mohamed Fawight 59,4 persen.

BACA JUGA: Pilkada Jember, Jajak Pendapat WRC Tunjukkan Nama Fayda Masih Tinggi

“Nama calon Bupati Jember yang paling disukai dan diterima generasi Z dan Milenial adalah Fayda dengan perolehan 86,8 persen. , Jadin Wajad 48,7 persen dan Hadi Supaat 43,7 persen – seratus,” kata Roby dalam siaran persnya, Rabu (10/7).

Sementara itu, Robbie mengatakan, untuk simulasi elektabilitas tujuh nama, Fayda menempati urutan pertama dengan perolehan 28,6 persen, Handy Siswanto 23,3 persen, Gus Firjaun 11,9 persen, Gus Fauet 9,3 persen. Kemudian Karimullah Dahruaji 8,4 persen, Muhammad Jadin Wajad 3,7 persen, Hadi Supaat 2,9 persen dan tidak memberi pilihan 10,9 persen.

BACA JUGA: Pengalaman dan bukti kerja nyata menjadikan Faida pilihan warga Jember

Responden pada survei terpilih ini berasal dari 22 kabupaten dan 226 desa, karena hal yang diteliti didasari oleh adanya kebebasan politik yang lebih tinggi dibandingkan kelompok lain. Pelajar berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dinilai lebih aktif mengikuti perkembangan kebijakan dan mengkritisi permasalahan di daerah Jember.

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang juga Wakil Rektor UTM, Surokim Abdusalam, menilai banyak pemilih Gentz ​​dan milenial yang menyukai Fayda karena banyaknya program kepemudaan di Jember.

“Seperti pendidikan, bantuan beasiswa, fasilitasi transportasi umum, dan lain-lain,” kata Surokim kepada wartawan.

“Unggulnya Faida di kalangan pemuda karena pemilih mudalah yang paling dominan dalam memilih pemimpin yang bekerja demi pembangunan daerahnya untuk maju,” kata Surokim.

Surokim mengatakan, dari penelusuran LPMM, Fayda bisa mengalahkan pembelaan Bupati Jember, Hendi Siswanto, pada Pilkada Jember 2024.

Ia juga mengatakan generasi Z dan pemilih milenial menginginkan pemimpin yang bekerja demi kebaikan masyarakat.

“Pemimpin baru di Jember harus menjaga kepentingan pemuda melalui program-program yang kreatif karena tidak mudah menarik suara pemuda dalam politik,” ujarnya. (cuy/jpnn)

BACA PASAL LAINNYA… Hasil Survei IDM: Warga Ingin Faida Kembali Pimpin Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *