Tajam di Piala Dunia, tetapi Mandul di EURO, Kylian Mbappe Kenapa?

saranginews.com, MUNICH – Performa timnas Prancis Kylian Mbappe di EURO 2024 memang tak banyak diharapkan.

Bintang anyar Real Madrid itu berambisi membawa pulang Piala Eropa setelah Prancis kalah 1-2 dari Spanyol di babak semifinal, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

BACA JUGA: Mbappe: Kami Tidak Berusaha Cukup untuk Mencapai Final

“Ambisi saya menjadi juara Eropa tapi saya gagal,” kata Mbappe usai pertandingan.

Mbappe pun tampil di bawah ekspektasi di Piala Eropa 2024. Mantan pemain Paris Saint-Germain yang diharapkan bisa menjadi mesin gol itu hanya mencetak satu gol di seluruh turnamen.

BACA JUGA: EURO 2024, Rabiot: Prancis Masih Butuh Griezmann dan Mbappe

Piala Eropa nampaknya akan menjadi turnamen berat yang harus ditaklukkan Mbappe. Pemain berusia 25 tahun itu kerap tampil buruk di kompetisi empat tahun ini.

Performa Mbappe di Piala Eropa berbanding terbalik dengan Piala Dunia.

BACA JUGA: Dinanti 80.000 Orang, Mbappe Akan Seperti Taylor Swift

Dalam debutnya di Piala Dunia 2018, Mbappe, yang baru berusia 19 tahun, mencetak empat gol untuk membawa Prancis meraih gelar juara.

Kecemerlangan Mbappe pun berlanjut di Piala Dunia 2022 dengan mencetak delapan gol, termasuk hat-trick di final saat Prancis bermain imbang 3-3 dengan Argentina di waktu normal.

Namun performa impresif Mbappe di Piala Dunia tak terwujud saat ia bermain di Piala Eropa. Ketajaman jebolan akademi AS Monaco itu nampaknya semakin berkurang.

Pada Piala Eropa pertamanya di EURO 2020, Mbappe tak mencetak satu gol pun. Pemain kelahiran Paris itu bahkan menjadi penyebab Prancis kalah di babak 16 besar.

Saat itu, Les Bleus bermain imbang 3-3 melawan Swiss di waktu normal sehingga laga dilanjutkan ke adu penalti.

Mbappe yang melakukan tendangan kelima pada babak tos-tos gagal masuk ke gawang Swiss sehingga menyebabkan Prancis kalah 4-5 dari Swiss.

Kutukan mencetak gol Mbappe di Piala Eropa berlanjut musim ini. Sang superstar hanya mencetak satu gol di EURO 2024.

Satu-satunya gol Mbappe terjadi di babak penyisihan grup saat Prancis ditahan imbang Polandia 1-1. Itu juga melalui penalti.

Pakar sepak bola Prancis Julien Laurens menyebut Mbappe tidak pernah bermain buruk di Euro 2024. Hanya saja, kata Laurens, Mbappe kurang pandai memanfaatkan peluang. 

“Mbappe tidak memanfaatkan peluangnya dan pada saat yang paling penting, Prancis kurang memiliki keajaiban,” kata Laurens kepada BBC.

Lesunya performa Mbappe sejalan dengan lesunya performa Prancis. Tim Roester hanya mencetak empat gol di EURO 2024, dua di antaranya berasal dari bunuh diri lawan.

Mbappe sendiri dipusingkan dengan cedera hidung yang dialaminya saat melawan Austria pada laga pertama EURO 2024. Cedera tersebut membuatnya terpaksa absen pada laga Prancis menghadapi Belanda.

Mbappe kembali dengan mengenakan masker di wajahnya. Situasi tersebut jelas menimbulkan beberapa masalah dan dia tampak berusaha menyesuaikan diri di beberapa pertandingan. (bbc/mcr15/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *